Breaking News:

Univesitas Muhammadiyah Metro

Kampus Terbaik Lampung Univesitas Muhammadiyah Metro Raih Predikat WTP Ketiga Kalinya

Universitas Muhammadiyah (UM) Metro mendapatkan opini keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya secara beruntun dari Kantor Akun

ist
Universitas Muhammadiyah (UM) Metro mendapatkan opini keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya secara beruntun dari Kantor Akuntan Publlik (KAP) Suherman, S.E., AK., CA., CPA. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kampus Terbaik di Lampung Universitas Muhammadiyah Metro ( UM Metro ).

Universitas Muhammadiyah (UM) Metro mendapatkan opini keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya secara beruntun dari Kantor Akuntan Publlik (KAP) Suherman, S.E., AK., CA., CPA.

Rektor UM Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. menerima Laporan Auditor Independen dengan nomor: 00039/2.1177/AU.2/11/1516-3/I/VIII/2021 dari Syamsu Rizal, M.Si., AK., CA. selaku Manajer KAP pada Rabu, 25 Agustus 2021 di aula Gedung HI kampus setempat.

Opini ini berdasarkan hasil audit keuangan UM Metro terhadap laporan keuangan untuk tahun anggaran 2019/2020 yang mulai diaudit pada Juli 2021 lalu.

“Alhamdulillah, UM Metro berhasil meraih predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian atau biasa kita dengar WTP untuk ketiga kalinya. Ini berarti laporan keuangan UM Metro sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang berlaku umum di Indonesia dan ini sesuatu yang luar biasa bagi kita,” kata Jazim.

Menurutnya hal ini tak lepas atas upaya bersama dari sivitas akademika UM Metro yang telah mempertanggungjawabkan semua kegiatan dengan menggunakan laporan keuangan yang baik dan juga atas upaya pihak keuangan yang jeli dalam mengecek laporan kegiatan dari unit mau pun Lembaga.

Sementara Syamsu menerangkan bahwa pihaknya siap bertanggung jawab atas pemberian opini tersebut.

“WTP ini kami keluarkan setelah melakukan audit laporan keuangan UM Metro berdasarkan Standar Audit yang ditetapkan olen Institut Akuntan Publik Indonesia. Standar tersebut mengharuskan kami untuk mematuhi ketentuan etika serta merencanakan dan melaksanakan audit, untuk memperoleh keyakinan yang memadai tentang apakah laporan keuangan tersebut bebas dari kesalahan penyajian material,” kata Syamsu.

Syamsu menilai pelaksanaan audit meliputi pelaksanaan prosedur untuk memperoleh bukti audit tentang angka-angka dan pengungkapan dalam laporan keuangan.

“Prosedur yang dipilih bergantung pada pertimbangan auditor, termasuk atas penilaian resiko kesalahan penyajian material dalam laporan keuangan, baik yang disebabkan kecurangan maupun kesalahan. Kami yakin bahwa bukti audit yang telah kami peroleh adalah cukup dan tepat untuk menyediakan suatu basis bagi opini audit kami,” tambahnya.

Baca juga: UM Metro Raih PTS No 1 di Sumatera Versi Kemdikbudristek 2020

Senada dengan Kepala Biro Keuangan UM Metro Nedi Hendri, S.E., M.Si., Ak., ACPA., CPA., CRA. yang mengungkapkan raihan WTP ini membuat usaha dan kerja keras sivitas akademika UM Metro terbayar lunas.

“Alhamdulillah, kerja lelah tim keuangan dan semua pihak di lingkungan kampus selama ini terbayarkan dengan perolehan WTP ini. Semoga ke depan pengelolaan keuangan dan pengelolaan bidang yang lain semakin lebih baik,” harap Nedi.

Sebagai informasi WTP adalah opini terbaik yang bisa didapatkan oleh perusahaan setelah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik. Opini sekaligus membuktikan bahwa laporan keuangan yang disusun oleh manajemen perusahaan tersebut sudah sesuai dengan pedoman atau standar akuntansi keuangan yang berlaku di negara di mana entitas berada.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved