Breaking News:

Tulangbawang

Dandim 0426 Tulangbawang Lampung Sebut Propaganda Pangkal Kehancuran Negeri 

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto, menegaskan, pangkal kehancuran negeri dapat disebabkan oleh propaganda an

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
dokumentasi
Dandim 0426 Tulangbawang Lampung Sebut Propaganda Pangkal Kehancuran Negeri  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto, menegaskan, pangkal kehancuran negeri dapat disebabkan oleh propaganda antar sesama. 

Propaganda merupakan senjata paling ampuh untuk memecah belah sesama anak bangsa hingga tercerai berai.

Hal itu ditegaskan Dandim ketika memberikan materi bela negara dalam pelatihan dasar CPNS golongan III di lingkup Pemkab Tulangbawang yang digelar di aula Islamic Center Menggala, Jumat (27/08).

Negeri ini, ujar Joko Sunarto, terlahir dengan kemajemukan karena terdiri dari berbagai ras, agama, budaya, dan suku. 

Karenanya, dia mengingatkan agar seluruh lapisan masyarakat tidak mudah termakan isu yang dapat memecah belah bangsa. 

"Indikator melehamahnya wawasan dan semangat kebangsaan  masyarakat Indonesia yaitu sara dan konflik antar masyarakat. Siapa yang harus membela Negara Indonesia adalah semua komponen lapisan bangsa Indonesia," kata Joko. 

Ia menjelaskan, bangsa saat ini telah mengalami perkembangan mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertanahan dan keamanan (Hankam). 

Wawasan kebangsaan, menurut dia, menjadi hal penting yang perlu diketahui dan diemplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh elemen masyarakat.

"Karena ini menjadi perekat antar anak bangsa," kata dia

Baca juga: Dandim 0426 Pastikan Kerukunan Umat Beragama di Tulangbawang dan Mesuji Terjaga

"Untuk apa wawasan kebangsaan bagi Indonesia kalau bukan untuk menjadi bangsa yang kuat, bersatu, dan berdaya saing. Nilai-nilai wawasan kebangsaan adalah pengorbanan kesediaan mereduksi kepentingan pribadi dan golongan demi kepentingan bangsa," tegasnya. ( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved