Breaking News:

Kota Metro

Kota Metro Lampung Gandeng Balai Besar Demi Jatah Air Irigasi

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Metro berkoordinasi dengan Balai Besar Provinsi Lampung untuk jatah air aliran irigasi

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni

  
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Metro berkoordinasi dengan Balai Besar Provinsi Lampung untuk jatah air aliran irigasi sebagai antisipasi kegagalan panen di Metro Timur.

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat permintaan ke Balai Besar untuk mengalirkan air secara gilir untuk menanggulangi kekeringan di lahan persawahan.

"Nah, penyedotan air kemarin itu tindak lanjut dari surat yang kami kirim. Dimana Balai Besar mengirimkan dua unit alat pompa air beserta dengan bahan bakarnya," bebernya, Sabtu (28/08/2021).

Baca juga: Saluran Irigasi Tambak Dipasena Tulangbawang Butuh Pengerukan karena Alami Pendangkalan

Dijelaskannya, dua unit mesin pompa air tersebut memang masih belum cukup untuk mengatasi kekeringan di persawahan Tejosari, Metro Timur. Karena mesin kapasitasnya 16 liter perdetik. 

Sementara sawah yang ada luasnya mencapai 70 hektare. Diperkirakan perlu empat unit pompa. Adapun area persawahan membutuhkan air hingga akhir Agustus agar tanaman padi dapat terselamatkan. 

"Nanti akan kami bicarakan lagi bagaimana mekanisme apakah tetap berjalan. Kemudian saya juga minta petani untuk bergantian menunggu dan menjaga pompa air selama digunakan. Sebenarnya sumber airnya ada dan alat serta bahan bakar juga sudah dipinjami," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved