Breaking News:

Tanggamus

Mobil Damkar Bermuatan 3.500 Liter Air di Tanggamus Lampung Terbalik saat Menikung

Sebuah mobil pemadam kebakaran atau damkar bermuatan 3.500 liter air terbalik di jalan lintas barat ruas Pekon Banding, Tanggamus, Lampung.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Kiki Novilia
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Mobil Damkar Bermuatan 3.500 Liter Air di Tanggamus Lampung Terbalik saat Menikung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Sebuah mobil pemadam kebakaran atau damkar bermuatan 3.500 liter air terbalik di jalan lintas barat ruas Pekon Banding, Kecamatan Talang Padang, Tanggamus, Lampung.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tanggamus Alkat Alamsyah, peristiwa tersebut merupakan kecelakaan tunggal karena mobil terbalik saat menikung. 

"Ini musibah, anggota kami yang di mobil tidak ada apa-apa, tidak ada korban jiwa. Mereka sudah dirujuk ke RSUD Batin Mangunang, Kota Agung dari Puskesmas Talang Padang," ujar Alkat. 

Ia menjelaskan, semula mobil tersebut akan menuju ke Kecamatan Pulau Panggung untuk membantu memadamkan kebakaran. Di sana sudah ada satu mobil hanya butuh tambahan damkar lagi.

Selanjutnya mobil meluncur dari Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Gunung Alip. Mobil membawa lima anggota damkar dan berisi 3.500 liter air atau bermuatan penuh. 

Baca juga: Covid-19 di Tanggamus Bertambah 5 Kasus Baru, 2 Pasiennya Meninggal

Saat melaju di jalan lintas barat ruas Pekon Banding Agung mobil terguling. Hal itu karena kondisi jalur yang tikungan tajam. Dan mobil dalam kecepatan tinggi karena harus segera bantu padamkan kebakaran. 

Namun nahas mobil pun terguling usai menikung. Hal itu karena muatan mobil kondisinya penuh dan memang tidak mudah untuk mengendarai mobil damkar yang berisi air. Itulah yang menyebabkan mobil terguling.

"Ini resiko sebagai pemadam kebakaran yang harus beri pelayanan ke masyarakat. Masyarakat kami diutamakan, dan resiko kami yang tanggung," ujar Alkat.

Selanjutnya usia terguling, dilakukan evakuasi kepada personel yang ada dalam mobil. Dan berikutnya barulah evakuasi mobil tersebut. 

Alkat menegaskan, saat berangkat kondisi mobil dalam kondisi baik, begitu juga anggota. Terlebih keberangkatannya untuk membantu memadamkan kebakaran. 

Baca juga: Pembobol Kotak Amal di Tanggamus Lampung Gunakan Uang Curian untuk Main Judi Online

"Hal itu karena kami mengejar untuk memadamkan kebakaran, terjadilah musibah ini," terang Alkat.

Ia menegaskan, kondisi mobil damkar usai terbalik pun masih bisa melaju. Tidak ada kerusakan pada mesin, begitu juga dengan tangki airnya. 

Kerusakan hanya pada body mobil sebelah kiri, lalu kaca depan pecah, atap kepala mobil penyok. Serta pada tombol-tombol mesin operasi air. 

Baca juga: Pemkab Tanggamus Lampung Perbaiki Jalan Menuju ke GOR dengan Rigid Beton

"Kategori ini kerusakan sedang. Jadi untuk body langsung diperbaiki ke bengkel di Talang Padang saja. Untuk bagian operator airnya perlu menunggu," tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved