Breaking News:

Pesisir Barat

Ponpes Modern Nurul Huda Pesisir Barat Santuni 154 Anak Yatim Piatu

Pondok Pesantren (PP) Modern Nurul Huda di Pekon Marang, Pesisir Selatan, Pesisir Barat menggelar acara peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: soni
dokumentasi
Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah di (PP) Modern Nurul Huda di Pekon Marang, Pesisir Selatan, Pesisir Barat, Minggu (29/8/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Pondok Pesantren (PP) Modern Nurul Huda di Pekon Marang, Pesisir Selatan, Pesisir Barat menggelar acara peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443 H.

Asisten Bidang Administrasi Umum Hasnul Abror yang mewakili Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Abror menyampaikan sekilas mengenai sejarah lahirnya peringatan Tahun Baru Islam.

"Pada hari ini kita bersama-sama memperingati Tahun Baru Hijriah yang menjadi satu di antara momentum penting dalam sejarah perjuangan agama dan umat Islam," jelas Abror, Minggu (29/8/2021).

Baca juga: Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Lampung Timur Santuni Anak Yatim

"Kalender hijriah, yang janin kelahirannya diprakarsai oleh sahabat besar Umar Ibnu Alkhottob Alfaruq berkait lekat dengan peristiwa hijrah," sambungnya.

Awal tahun dari kalender hijriah, Abror menerangkan, merujuk pada kisah Rasulullah Muhammad Saw berserta para sahabat beliau melakukan hijrah dari Mekah menuju Madinah.

"Mereka mengayunkan langkah dari Makkah menuju Yatstrib, yang kemudian masyhur dikenal sebaga Kota Sang Nabi, Madinah Almunawarrah," terang dia.

Abror menyampaikan, Rasulullah Muhammad Saw memiliki target pencapaian dakwah yang berbeda antara dakwah di Mekah dengan di Madinah.

"Jika di makkah, target pencapaian dakwah Nabi Muhammad berkisar di antara pembentukan watak, pembangunan mental, dan penataan keimanan, serta ketakwaan kepada Allah Swt," ungkap Abror.

"Maka di Madinah beliau membangun sebuah bangsa yang tercerahkan, sekaligus merajut peradaban yang dibanggakan," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved