Breaking News:

Tanggamus

Target Vaksinasi Rabies di Tanggamus Lampung Hanya 500 Ekor, Tak Tersedia Anggaran

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus tak memiliki anggaran. Tahun ini, target vaksin rabies hanya 500 ekor.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Dedi Sutomo
Target Vaksinasi Rabies di Tanggamus Lampung Hanya 500 Ekor, Tak Tersedia Anggaran
net
Ilustrasi - Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanggamus gelar vaksinasi rabies. Tahun ini target hewan yang akan divaksin menurun.

TRIBUNLAMPUNG.,CO.ID, TANGGAMUS  - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus tak memiliki anggaran. Tahun ini, target vaksin rabies hanya 500 ekor.

Kabid Peternakan Ari Priyanto mengatakan, vaksinasi rabies sudah berjalan. Sasarannya hewan  anjing, kucing, kera yang dipelihara masyarkat demi mencegah timbulnya penyakit rabies.

Namun untuk tahun ini, lanjutnya, program yang rutin dilaksanakan tiap tahun antara September sampai Desember tersebut kini turun drastis targetnya.

Sebab kini hanya 500 ekor dari biasanya rutin 2.000 ekor tiap tahun. Meski dalam pelaksanaannya bisa lebihi target karena banyaknya permintaan masyarakat. 

"Sekarang targetnya cuma 500 ekor karena tidak ada anggaran. Stok vaksin yang ada ini saja dari Dinas Peternakan Lampung. Di sini tidak ada anggaran beli vaksin karena recofusing," ujar Ari, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Pemkab Tanggamus Lampung Buat Tanggul Darurat Way Semaka di Pekon Sukaraja

Menurutnya, saat ini sudah sekitar 200 ekor hewan yang bisa menularkan rabies divaksin rabies. Dan peralatan masih ada dari persediaan tahun lalu.

Ari meminta kepada masyarakat yang ingin hewan peliharaannya terdiri kucing, anjing dan kera dapat vaksin rabies, segera datang ke puskeswan terdekat.

Sebab dengan stok yang terbatas tidak ada vaksinasi dalam skala besar dan menyeluruh ke semua kecamatan. 

"Sekarang stok vaksin rabies sudah didistribusikan ke lima puskeswan, silakan datang saja. Vaksinasi ini gratis," terang Ari.

Vakinasi rabies memang harus dilakukan rutin tiap tahun. Tujuannya guna mencegah timbulnya penyakit rabies sebab penyakit itu adalah penyakit yang bisa timbul dengan sendirinya pada hewan berdarah panas. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved