Breaking News:

Korupsi Dana Desa di Pesawaran

Simpangkan Dana Desa Rp 479 Juta, Kades di Pesawaran Lampung Bikin SPj Bodong

Kepala Desa Kresno Widodo Suprapto juga meminta jajarannya membuat laporan pertanggungjawaban bodong alias tidak sesuai realisasi.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono | Editor: Daniel Tri Hardanto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Tidak hanya menguasai dana pembangunan tahun anggaran 2019 sebesar Rp 734.080.000, Kepala Desa Kresno Widodo Suprapto juga meminta jajarannya membuat laporan pertanggungjawaban bodong alias tidak sesuai realisasi.

Kasatreskrim Polres Pesawaran AKP Eko Rendi Oktama mengungkapkan, Suprapto menyuruh ketua tim pelaksana kegiatan, sekretaris desa, dan kaur keuangan/bendahara membuat surat pertanggungjawaban (SPj) sesuai dengan yang telah dianggarkan dalam APBDes 2019.

"Dengan membuat bukti-bukti permintaan pembayaran yang tidak sah dan lengkap, yang tidak sesuai dengan apa yang dibayarkan oleh tersangka Suprapto," ujar Eko, melalui Humas Polres Pesawaran, Minggu (5/9/2021).

Sehingga ada selisih harga pembayaran yang menguntungkan Suprapto.

Baca juga: BREAKING NEWS Korupsi Dana Desa Rp 479 Juta, Kepala Desa di Pesawaran Lampung Ditahan

Setelah dilakukan audit oleh Inspektorat Kabupaten Pesawaran, ditemukan adanya kerugian keuangan negara dalam pengelolaan keuangan Desa Kresno Widodo.

"Kerugian negara sebesar Rp 479.782.499," ungkapnya.

Satreskrim Polres Pesawaran menahan Suprapto (47), Kepala Desa Kresno Widodo, Kecamatan Tegineneng.

Suprapto menjadi tersangka karena diduga menyimpangkan anggaran dana desa sebesar Rp 479.782.499 pada tahun anggaran 2019.

Kasatreskrim Polres Pesawaran AKP Eko Rendi Oktama mengungkapkan, nilai kegiatan pembangunan di Desa Kresno Widodo saat itu sebesar Rp 734.080.000.

Baca juga: Total Rp 16,7 Miliar, 53 Desa di Mesuji Lampung Sudah Terima Dana Desa Tahap Kedua

"Pembangunan itu terdiri dari pembangunan onderlagh/telford, gorong-gorong, jalan paving block, tembok penahan tanah, dan drainase," terang Eko.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved