Breaking News:

Universitas Lampung

Unila Gelar Webinar Nasional Campus Garden Berbasis Konservasi Anggrek Alam

Webinas Nasional dengan Tema: Campus Garden Berbasis Konservasi Anggrek Alam dan Pengembangan Anggrek Hibrida

Ist
Webinas Nasional dengan Tema: Campus Garden Berbasis Konservasi Anggrek Alam dan Pengembangan Anggrek Hibrida untuk 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Webinas Nasional dengan Tema: Campus Garden Berbasis Konservasi Anggrek Alam dan Pengembangan Anggrek Hibrida untuk Mewujudkan Kampus Berkelanjutan telah sukses dilaksanakan, Sabtu, 4 September 2021.

Webinar yang dilaksanakan secara daring di Aula Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila) ini dimulai dengan pelaporan pelaksanaan kegiatan oleh ketua pelaksana yakni Prof. Dr. Ir. Dwi Hapsoro, M.Sc.

Prof. Dwi Hapsoro melaporkan, kegiatan ini diikuti 549 peserta dari seluruh Indonesia. Terbagi atas berbagai kalangan seperti akademisi, peneliti tanaman anggrek, mahasiswa, pembudidaya tanaman anggrek, pengusaha, dan masyarakat umum.

Tujuan diselenggarakan webinar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya konservasi anggrek yang telah diwujudkan Unila melalui pembangunan Campus Garden.

Konservasi di Campus Garden telah dilaksanakan dengan penanaman beberapa anggrek alam (spesies) dan hibrida. Diharapkan kegiatan tersebut dapat digunakan sebagai induk bagi pengembangan anggrek-anggrek hibrida.

Kegiatan pengembangan anggrek hibrida akan dilakukan di laboratorium untuk menghasilkan anggrek-anggrek hibrida yang dapat dikembangkan baik secara insitu maupun eksitu untuk kemudian dikembalikan ke alam.

Selanjutnya Dr. Unang Mulkhan, S.B.A., M.B.A., Ph.D., selaku Ketua SDGs Centre Unila menambahkan, webinar yang diselenggarakan SDGs ini cukup strategis dalam membahas isu biodiversity, terutama tanaman anggrek.

Menurutnya pemahaman masyarakat tentang anggrek spesies yang dilindungi dan anggrek hibrida yang dibudidaya sangat penting untuk disebarluarkan kepada masyarakat umum dan para akademisi.

Webinar nasional ini juga sebagai media diskusi dan berbagi pengalaman tentang upaya konservasi, teknik budidaya, serta peluang bisnis anggrek hibrida.

Diskusi dalam upaya pelestarian anggrek ini merupakan salah satu komitmen bersama dalam pencapaian poin-poin “Sustainable Development Goals (SDGs) terutama dalam SDGs 13 yaitu “Penanganan Perubahan Iklim (planet actions)” dan SDGs 15 (life on land).

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved