Breaking News:

Tanggamus

Dewi Handajani Launching Gemes Lansia di Tanggamus Lampung

Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching Gerakan Memeriksa Lansia (Gemes Lansia) secara virtual di Puskesmas Talang Padang, Selasa (7/9/2021).

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dewi Handajani Launching Gemes Lansia di Tanggamus Lampung
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Launching Gerakan Memeriksa Lansia (Gemes Lansia) di Puskesmas Talang Padang, Selasa (7/9/2021).

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching Gerakan Memeriksa Lansia (Gemes Lansia) secara virtual di Puskesmas Talang Padang, Selasa (7/9/2021).

Menurut Bupati Tanggamus Dewi Handajani, kelompok lanjut usia merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan.

"Pada era pandemi ini kelompok lansia merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami keparahan atau morbiditas dan mortalitas akibat penyakit Covid-19," ujar Dewi.

Hal itu karenakan pasien lansia (geriatric) umumnya memiliki berbagai komorbiditas, seperti penyakit kardiovaskular, penyakit kencing manis, penyakit pernapasan kronik, hipertensi dan lain-lain.

Baca juga: Oknum Kadus di Pringsewu Lampung Terciduk Sedang Pesta Sabu

Di Kabupaten Tanggamus sendiri, dari jumlah penduduk 610.089 jiwa di dalamnya ada 64.325 jiwa atau 10,5 persen adalah kelompok lansia.

Program lansia menjadi salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan dengan target 100 persen lansia mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar. Itu diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 4 Tahun 2019.

Namun kondisi ini capaian pelayanan kesehatan lansia di Tanggamus masih cukup rendah, yaitu sebesar 29 persen (data Juli 2021). 

"Untuk mencapai target pelayanan kesehatan lansia standar, maka Dinas Kesehatan menjalankan program Tali Ulas atau Tanggamus Peduli Lansia lalu juga Program Kartu Lansia Tanggamus (KLT)," terang Dewi.

Ia juga berharap kepada OPD terkait, seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dapat memperhatikan posyandu lansia yang secara kelembagaan membutuhkan pembinaan dari dinas tersebut.

Baca juga: Pemkab Mesuji dan TNI Lakukan Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Lansia

Sebab Dinas PMD membina pekon dalam memanfaatkan Dana Desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved