Breaking News:

Universitas Lampung

Rektor Unila Buka Pelatihan Pekerti Virtual Kerja Sama 4 PTS

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) bekerja sama dengan empat perguruan tinggi swasta (PTS) di Lampung menyelenggarakan pelat

ist
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) bekerja sama dengan empat perguruan tinggi swasta (PTS) di Lampung menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), Senin, 6 September 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) bekerja sama dengan empat perguruan tinggi swasta (PTS) di Lampung menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), Senin, 6 September 2021.

Empat PTS tersebut meliputi IBI Darmajaya, Universitas Saburai, Universitas Bandar Lampung, dan Universitas Tulang Bawang. Pelatihan yang digelar secara virtual ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si.

Rektor dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi 57 peserta yang hadir. Ia menjelaskan, pelatihan Pekerti bagi dosen PTN/PTS di luar Unila adalah komitmen Universitas Lampung melaksanakan mandat sebagai penyelenggara Pekerti yang diamanahi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Ia berharap, para peserta melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan mengajar. Dengan demikian kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa juga meningkat.

Terlebih lagi dengan tantangan yang semakin lama semakin berat ke depannya. Dimana keberhasilan universitas diukur dari seberapa besar daya serap lulusan oleh pasar kerja dan seberapa banyak munculnya inovasi kerja yang ada di universitas.

“Ukurannya semakin berat, maka dari itu saya betul-betul berharap kita saling bekerja sama dan bersinergi untuk maju bersama-sama,” katanya.

Pembukaan pelatihan Pekerti kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unila dan Universitas Saburai. Usai penandatanganan, rektor dari kedua perguruan tinggi tersebut secara simbolis menunjukkan MoU yang telah ditandatangani secara virtual.

Turut hadir dan menyaksikan wakil rektor bidang akademik Unila, wakil rektor bidang perencanaan, kerja sama, dan TIK Unila, ketua LP3M, sekretaris LP3M, kepala UPT PKLI Unila, rektor IBI Darmajaya, rektor Universitas Tulang Bawang, dan rektor Universitas Bandar Lampung,

Pelatihan Pekerti secara keseluruhan akan diselenggarakan selama lima hari mulai 6 hingga 10 September 2021 secara daring. Peserta pelatihan terdiri dari 29 dosen Universitas Saburai, 12 dosen IBI Darmajaya, 11 dosen Universitas Tulang Bawang, dan 5 dosen Universitas Bandar Lampung.

Menurut Ketua LP3M Unila Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., tujuan umum pelatihan Pekerti adalah meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi, dan keterampilan mengajar di perguruan tinggi.

Hal itu ditujukan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan ini diharapkan dapat dicapai melalui serangkaian pelatihan tersebut.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved