Breaking News:

Lampung Tengah

Tanam Obat dan Sayuran, Kebun Agropark di Lampung Tengah Jadi Solusi Hadapi Covid

Bupati Musa Ahmad harap program kebun agropark di Lampung Tengah yang digagas Forum Kelompok Wanita Tani Berjaya (FKWTB) dapat menjadi solusi.

Penulis: syamsiralam | Editor: Kiki Novilia
dokumentasi
Tanam Obat dan Sayuran, Kebun Agropark di Lampung Tengah Jadi Solusi Hadapi Covid 

TRIBUNLAMPUNG.CO.OD, LAMPUNG TENGAH - Bupati Musa Ahmad harap program kebun agropark di Lampung Tengah yang digagas Forum Kelompok Wanita Tani Berjaya (FKWTB) dapat menjadi solusi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurut Musa Ahmad, tanaman obat keluarga (Toga) dan sayuran organik yang ditanam secara serentak di 28 kecamatan oleh pengurus FKWTB Lamteng, dapat menjadi solusi untuk pengobatan Covid-19 menggantikan obat-obatan.

"Kami harap ini (kebun agropark) dapat menjadi solusi bagi masyarakat, khusunya warga kurang mampu di Lamteng, terutama untuk pencegahan penularan Covid-19," kata Musa Ahmad di selah pelantian pengurus FKWTB Lamteng di Nuwo Balak dan Sesat Agung, Rabu (8/9/2021).

Tak hanya di bidang tanaman obat dan sayuran, Bupati Musa Ahmad juga berharap, FKWTB Lamteng bisa menjadi perantara bagi berkembangnya produksi usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) di 311 kampung dan kelurahan.

"Semoga FKWTB Lamteng bisa memajukan produk dari pengurus anggota di tingkat kecamatan dan kampung, sehingga produk-produk mereka bisa menjadi ikon dunia industri kecil menengah di Lamteng," jelas dia.

Baca juga: Supir Truk Korban Pemerasan di Lampung Tengah Senang Pelaku Tertangkap, Kami Lega

Sementara Ketua Umum FKWT Berjaya Lamteng, Mardiana Musa Ahmad, dalam sambutannya mengatakan, pelantikan FKWT Berjaya merupakan wadah untuk organisasi wanita yang berjumlah 618 kelompok di 28 kecamatan.

"Terbentuknya FKWT Berjaya ini atas keinginan dari ketua KWT 28 di Kecamatan. Pembentukan FKWT ini juga karena melihat potensi dan peranan wanita yang sangat besar di kabupaten ini, maka FKWT Berjaya menjadi salah satu wadah bagi kaum wanita untuk dapat mengembangkan kemampuan dan produktivitas dalam pemberdayaan ekonomi lokal," ujar Mardiana Musa Ahmad.

Ketua Umum FKWT Berjaya Mardiana Musa Ahmad juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Forkompimda serta OPD atas dukungan yang diberikan, hal ini menjadi motivasi dan menyatukan langkah bersama dalam meningkatkan peran wanita dalam proses pembangunan di kabupaten Lampung Tengah.

Mardiana mengatakan, dirinya siap untuk menunjang program pemerintah daerah, khususnya dalam usaha kecil menengah, pertanian dan perkebunan, serta perekonomian yang berbasis mikro dan usaha kecil.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura, Krisna Rajasa mengatakan, keberadaan FKWT Berjaya dapat menunjang potensi pertanian Lamteng sebagai salah satu penopang hasil pertanian dan perkebunan di tingkat Provinsi Lampung.

Baca juga: Berdalih Untuk Keamanan, Pelaku Pemerasan di Lampung Tengah Minta Ditransfer Uang

"Salah satu komoditas utama Lamteng yang dapat ditunjang dengan hadirnya FKWT Berjaya, yakni tanaman padi yang menjadi hasil produksi terbesar di provinsi lampung yang mencapai 555.127,87 ton atau 21,31 persen," ujar Krisna Rajasa.

Selain itu kata Krisna, produksi jagung Lamteng di tahun 2020 menjadi penyumbang jagung terbesar ketiga di Provinsi Lampung, sebesar 13,69 persen.

Baca juga: Terlilit Utang, Istri di Lampung Tengah Tega Curi Ternak Sapi Milik Suami

Selanjutnya produksi ubi kayu juga terus mengalami perkembangan dari tahun 2018 sampai dengan 2020 dengan peningkatan hampir 300 persen. ( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved