Breaking News:

Lampung Barat

Perekaman e-KTP di Lampung Barat Capai 93,5 Persen pada Semester I 2021

Tingkat perekaman e-KTP di Lampung Barat mencapai 93,5 persen pada semester I Tahun 2021.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
Kabid PIAK Disdukcapil Lampung Barat Burwati di kantornya. Perekaman e-KTP di Lampung Barat Capai 93,5 Persen pada Semester I 2021 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Tingkat perekaman e-KTP di Lampung Barat mencapai 93,5 persen pada semester I Tahun 2021.

Informasi di atas Tribunlampung.co.id di peroleh dari Kabid PIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Barat Burwati, mewakili Kepala Disdukcapil Lampung Barat Ruspan Anwar, Selasa (14/9/2021).

"Jumlah Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester I sebanyak 307.294. Dari jumlah tersebut, penduduk yang wajib memiliki e-KTP sebanyak 220.270," jelas Burwati.

"Sedangkan yang sudah perekaman e-KTP sebanyak 205.941 atau 93,5 persen dari wajib e-KTP. Sehingga yang belum melakukan perekaman sebanyak 14.329," sambungnya.

Burwati menjelaskan, DKB merupakan data hasil dari pelayanan Disdukcapil Lampung Barat yang sudah dikirim ke Dirjen Dukcapil pusat untuk dibersihkan dari data yang bersifat ganda, anomali dan lain-lain kemudian dikeluarkan kembali oleh Dirjen Dukcapil di bawah naungan Kemendagri.

"Sehingga itu merupakan data valid yang sudah melalui tahap verifikasi dari pusat," terangnya.

Dia juga menyebutkan, ada sejumlah alasan yang membuat masyarakat masih belum melakukan perekaman e-KTP.

"Biasanya yang belum melakukan perekaman karena belum cukup umur,karena ketidaktahuan masyarakat, atau masih menjalani masa pendidikan di luar daerah," sebutnya.

Ia mengharapkan, ke depan, penduduk yang sudah wajib KTP bisa segera melakukan perekaman.

"Minimal dia sadar administrasi kependudukan (Adminduk). Jangan hanya pada saat dibutuhkan, baru mengurus persyaratan," tambahnya.

Tak lupa ia juga mengingatkan, penduduk yang sanak familinya telah meninggal dunia agar segera melaporkan ke Disdukcapil Lampung Barat, melalui ahli waris, keluarga, atau kepala lingkungan setempat agar dibuatkan akta Kematian.

"Secara otomatis data kependudukan yg bersangkutan dihapus karena sudah diterbitkan akta Kematian," kata dia.

Burwati juga menyampaikan, saat ini di masa pandemi Covid-19, penduduk bisa mengurus Adminduk lewat pelayanan online Disdukcapil Lampung Barat dengan menghubungi nomor WhatsApp 082281162252.

( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved