Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Metro

Kampus Terbaik di Sumatera UM Metro Gelar Webinar Hadirkan Menko PMK RI dan Pejabat Daerah

Program Studi Magister Administrasi Pendidikan yang bernaung dalam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) menggelar webinar

ist
Program Studi Magister Administrasi Pendidikan yang bernaung dalam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) menggelar webinar bertajuk “Menyiapkan Generasi Emas 2045” dengan menghadirkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P dan Walikota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) sebagai Keynote Speaker. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Program Studi Magister Administrasi Pendidikan yang bernaung dalam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) menggelar webinar bertajuk “Menyiapkan Generasi Emas 2045” dengan  menghadirkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P dan Walikota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) sebagai Keynote Speaker.

Direktur Pascasarjana UM Metro Dr. Agus Sutanto, M.Si., dalam pengantarnya mengajak pemerintah Provinsi Lampung dan pemerintah daerah Kota Metro serta pejabat yang berkepentingan untuk bersama-sama memikirkan dan mempersiapkan generasi masa depan.

“Acara ini merupakan kesempatan emas untuk menggapai dan menyiapkan generasi emas 2045, mari kita memikirkan, apa yang harus diperbuat dan apa tangungjawab kita terhadap generasi penerus kita, bagaimana kita mempersiapkannya, supaya generasi penerus kita lebih baik dari yang kita alamai sekarang,” ajak Dr. Agus Sutanto dalam webinar tersebut.

Kegiatan juga dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Metro Drs. Jazim Ahmad, M.Pd., dalam sambutannya ia menyebut UM Metro telah sejak lama memberikan sumbang saran dalam menyiapkan generasi emas di Kota Metro.

“Terima kasih kepada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana UM Metro yang sudah menginisiasi acara ini. Perlu diketahui oleh saudara-saudara sekalian, pada tahun 2000an, ketika UM Metro masih tumbuh sebagai remaja, perannya terhadap pembangunan sumber daya manusia Kota Metro ialah memberikan sumbang saran terkait dengan rencana pembangunan jangka panjang Kota Metro Tahun 2005-2025, sumbang sarannya yaitu Masyarakat Belajar atau Masyarakat Berbudaya Belajar.”

“Pada saat ini UM Metro sudah memiliki Program Pascasarjana yang di dalamnya banyak pemikir-pemiir hebat dan juga UM Metro secara kelembagaan memiliki segudang prestasi, seperti pernah tercatat sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik I se-Sumatra versi Webometrics, 100 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, dan masuk dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di pulau Sumatra pada klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2020 versi Kemendikbud, ini semua tentunya sangat layak mendukung roda pembangunan Kota Metro,”imbuhnya.

Walikota Metro dr. Wahdi Siradjudin sebagai keynote speaker memaparkan materinya yang berjudul Peta Jalan Jama Pai Menuju Generasi Emas Metro Cemerlang.

“Gemerlang (Generasi Emas Metro Cemerlang ) adalah salah satu tesis konsultan saya yang saya sampaikan di nasional dan alhamdulillah mendapat juara 2.

Lalu bagaimana kita membangkitkan generasi emas ini ke depan, untuk itu tentunya Kota Metro berkonsentrasi tentang bagaimana meningkatkan sumberdaya manusia, sesuai dengan Peta Jalan Menuju Indonesia Emas 2045 yaitu mewujudkan Masyarakat Indonesia yang berkualitas, maka visi Kota Metro sama yaitu terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya yang didukung oleh program-program untuk mencapainya. Lalu untuk menggapai itu tentunya kita sudah harus mempersiapkannya dari sekarang,” jelas Walikota Metro itu.

Sementara Prof. Dr. Muhadjir Effendi, M.A.P., Menko PMK RI dalam kesempatan yang sama mengulas tentang Menyiapkan Generasi Indonesia Emas 2045.

Ia memaparkan materi mulai dari jumlah penduduk dunia yang saat ini sudah mencapai 9,45 milyar dengan 55 persennya berada di Asia hingga trend global yang sangat kompleks, seperti perubahan geopolitik, persaingan sumber daya alam, perubahan iklim, teknologi, urbanisasi penduduk dunia, perdagangan internasional, dan lain-lain.

Perlu diketahui webinar juga diisi oleh tiga pembicara lainnya seperti Bapeda Prov. Lampung yang diwakili oleh Eka Yuslita Dewi, S.T.,M.T., Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bapeda Provinsi Lampung menyampaian “Potret Masyarakat Lampung dan Tantangan Masa Depan dalam Menyambut Indonesia Emas 2045”, Akademisi UM Metro Prof. Dr. Marzuki Noor, M.S., mengulas Pandangannya tentang tahun 2045, Megatrend Global, Arah Pembangunan Kota Metro dan Masyarakat Berperadaban Profetis Tinggi. Sementara Sekda Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo, M.T., mengulas tentang demografi Kota Metro, Indeks Pembangunan Kota Metro, arah kebijakan dan prioritas Kota Metro tahun 2021-2026.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved