Breaking News:

Lampung Barat

Kakon di Lampung Barat: Transparansi Penting dalam Membangun Pekon Konsep Smart Village

Peratin di Lampung Barat mengungkapkan betapa pentingnya transparansi atau keterbukaan dalam membangun Pekon yang mengusung konsep Smart village.

Dokumentasi
Satu di antara papan nama kegiatan yang ada di Pekon Gedung Surian, Gedung Surian, Lampung Barat. Kakon di Lampung Barat: Transparansi Penting dalam Membangun Pekon Konsep Smart Village 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Kepala Pekon (Peratin) di Lampung Barat mengungkapkan betapa pentingnya transparansi atau keterbukaan dalam membangun Pekon yang mengusung konsep Smart Village.

Itulah yang diungkapkan oleh Peratin Gedung Surian, Gedung Surian, Lampung Barat Boimin yang pekonnya didapuk menjadi satu di antara Smart Village yang ada di Lampung Barat.

Sebagaimana diketahui, membangun desa atau pekon dengan konsep Smart Village bukan hanya menitikberatkan pada penerapan teknologi yang canggih.

Namun, ada sejumlah poin yang tidak kalah pentingnya dengan penerapan kecanggihan teknologi, di antaranya dengan Smart Village suatu pekon mampu mengubah kodisi masyarakatnya menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera, menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil guna menciptakan kewirausahaan, serta meningkatkan kualitas pelayanan di desa agar lebih mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pada masyarakat. 

Atas dasar itu, Boimin selaku Peratin yang pekonnya mengusung konsep Smart Village mempunyai cara untuk membangun kepercayaan masyarakatnya terhadap aparatur pekon agar dapat saing bersinergi dan bekerja sama demi menyukseskan konsep Smart Village itu.

Satu di antara prinsip yang ia pegang guna membangun kepercayaan masyarakatnya, yakni prinsip keterbukaan atau transparansi.

"Dalam mewujudkan transparansi, kami menggunakan berbagai cara, yaitu dengan penyampaian informasi secara langsung kepada masyarakat pada saat acara pertemuan masyarakat pekon," terang Boimin, Senin (20/9/2021).

"Lalu, memasang berbagai informasi di papan pengumuman, serta masang banner yang menampilkan segala informasi terkait program dan penggunaan ADD," sambungnya.

Ditambah lagi, Boimin menekankan, transparansi tersebut juga diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang Dana Desa.

"Setiap pembangunan atau kegiatan yang menggunakan DD, pasti kami informasikan dengan papan nama yang di dalamnya tercantum nama kegiatan, lokasi, anggaran biaya, sumber dana, dan lain sebagainya," beber Boimin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved