Breaking News:

Tanggamus

3 Motor Mogok karena Banjir, Pekon Way Liwok Tanggamus Terendam Setinggi 3 Meter

Warga Pekon Way Liwok, Kecamatan Wonosobo bingung karena sebagian besar barang dalam rumah rusak akibat banjir.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
dokumentasi
Anggota Damkar Tanggamus bersihkan lumpur pada jalan lingkungan Pekon Way Liwok dari tumpukan lumpur 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Warga Pekon Way Liwok, Kecamatan Wonosobo bingung karena sebagian besar barang dalam rumah rusak akibat banjir.

Menurut Adri, warga sekaligus anggota Badan Perhimpunan Pekon (BHP) Way Liwok, tiga sepeda motornya terendam banjir. Akibatnya ketiganya tidak bisa dinyalakan. 

"Semuanya yang dalam rumah rusak, peralatan elektronik dari tv, kulkas, sampai tiga motor saya semuanya rusak," ujar Adri, Selasa (22/9/2021). 

Ia mengaku, banjir yang baru saja terjadi adalah yang terbesar. Di pekonnya memang biasa banjir namun itu hanya di luar rumah saja. Namun yang baru saja terjadi luar biasa.

"Dalam rumah ketinggi air bisa sampai dua meter, di luar rumah tiga meter. Itu pagar rumah saya tingginya dua meter, semalam tidak kelihatan," ujar Adri.

Ia mengaku, tidak ada yang bisa diselamatkan saat peristiwa banjir. Sebab air tiba-tiba langsung masuk ke dalam rumah dan menenggelamkan apa saja. Untuk itulah semua peralatan nyaris tidak bisa selamat

Baca juga: Banjir Genangi 5 Pekon di Kecamatan Wonosobo Lampung, Terparah Pekon Way Liwok

"Kita dalam rumah naik di atas kursi, di atas lemari, di atas tempat tidur biar tidak tenggelam," terang Adri. 

Meski ketinggian air luar biasa, namun warga jarang yang mengungsi. Sebab kondisi air tenang, tidak berarus maka tidak menghanyutkan. Kemudian juga pilih berjaga untuk bersihkan lumpur saat banjir surut. 

Pilihan tidak mengungsi, bagi mereka lebih baik daripada mengungsi. Pertimbangannya supaya segera bersihkan lumpur. 

Jika mengungsi maka tidak tahu kapan banjir surut dan akibatnya lumpur terlalu lama di dalam rumah, sehingga sulit saat dibersihkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved