Breaking News:

Lampung Utara

Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Beringin Ditahan Kejaksaan Negeri Lampung Utara 

Sawaludin, Kades nonaktif Desa Beringin, Kecamatan Abung Kunang, ditahan oleh Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Selasa 21 September 2021.

Penulis: anung bayuardi | Editor: soni
Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Beringin Ditahan Kejaksaan Negeri Lampung Utara 
dokumentasi
Sawaludin ditahan terkait dugaan korupsi dana desa, pada tahun 2018 dan 2019.

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Sawaludin, Kades nonaktif Desa Beringin, Kecamatan Abung Kunang, ditahan oleh Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Selasa 21 September 2021.

Penahanan dilakukan di Rutan Kotabumi, kelas II B, selama 20 hari ke depan. Sawaludin ditahan terkait dugaan korupsi dana desa, pada tahun 2018 dan 2019.

“Benar kami tahan pada sore ini, dilimpahkan ke Rutan Kotabumi,” kata Kasie Intel Kejaksaan Negeri Lampung Utara., I Kadek Dwi Ariatmaja.

Sementara, Kasie Tindak Pidana Khusus kejaksaan Negeri Lampung Utara, Aditya Nugroho mengatakan pada hari ini, Selasa 21 September 2021, tim intel, pidana khusus dan Datun, menjemput kades beringin, Sawaludin di rumahnya.

Ini dilakukan karena yang bersangkutan tidak kooperatif. “Tiga kali dipanggil oleh Kejaksaan Negeri Lampung Utara tidak datang, kami jemput ke rumahnya,” ujar Dia.

Baca juga: Modus Kades di Pesawaran Lampung Korupsi Dana Desa Rp 479 Juta

Sebelumnya pihaknya lebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap Sawaludin sebagai saksi.

Status Sawaludin kemudian dinaikkan menjadi tersangka berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan baik yang dilakukan inspektorat Lampung Utara maupun Kejaksaan Negeri Lampung Utara

Kejaksaan mulai melakukan penyelidikan sejak semester awal 2021 atas dugaan korupsi Dana Desa tahun 2018-2019 di Desa Beringin, Kecamatan Abung Kunang, Lampung Utara.

” ita fokus di kegiatan fisiknya, dan saat ini kasus itu sudah tahap penyidikan. Kita juga bersama tim ahli telah dua kali melakukan pengecekan langsung ke Desa Beringin, terakhir Senin kemarin (2/8/2021),” tuturnya.

”Dan terindikasi ada PMH (perbuatan melawan hukum/korupsinya) dari kegiatan fisik di Desa Beringin dengan nilai yang cukup besar,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved