Breaking News:

Mesuji

Sekda Mesuji Lampung Minta Penyusunan Kegiatan Mengacu pada Standar Satuan Harga Barang dan Jasa

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin meminta kepada seluruh OPD untuk program kegiatan dengan mengacu pada standar satuan harga dan biaya.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf
Ilustrasi.Rapat pembahasan pelaku UMKM Mesuji Lampung diizinkan berjualan Rest Area 234. Sekda Mesuji Syamsudin minta OPD jadikan satua harga dalam penyusunan kegiatan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,  MESUJI – Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin meminta kepada seluruh OPD untuk program kegiatan dengan mengacu pada standar satuan harga dan biaya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan sosialisasi implementasi standar satuan harga, analisis standar biaya, standar biaya umum dan dalam rangka pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Syamsudin mengatakan, pelaksanaan barang dan jasa merupakan salah satu hal terpenting dalam rangka pelaksanaan pembangunan disamping perencanaan dan penganggaran.

"Adanya penyeragaman ini menjadi alat bantu penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran yang kini telah menggunakan sistem berbasis komputer," ujar Syamsudin, Kamis (23/9/2021).

Karenanya, kata dia, pemerintah daerah diwajibkan menyusun standar satuan harga untuk digunakan dalam penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran.

Baca juga: Polres Pesawaran Sosialisasi tentang Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba ke Pelajar

Adanya stadar satuan harga ini, lanjutnya, akan tercipta standar harga untuk seluruh unit kerja dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk Desa.

"Perlu saya tekankan pada kesempatan ini, bahwa seluruh proses pengadaan harus didasarkan pada peraturan yang berlaku," tegas Syamsudin.

Sehingga, kata dia, diharapkan tidak terjadi penyimpangan di masa mendatang. Serta  menghindarkan dari kesalahan yang menyebabkan pelanggaran hukum.

Karena itu, menurut Syamsudin, pelaksanaan pekerjaan konstruksi diwajibkan melaksanakan paparan atau expose dokumen perencanaan dihadapan stakeholder termasuk APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.( Tribunlampung.co.id  / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved