Breaking News:

Tulangbawang Barat

100 Orang Peserta Ikuti Seleksi Tilawatil Quran di Tulangbawang Barat

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) Rasyidi menghadiri sekaligus membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran (STQ)

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
100 Orang Peserta Ikuti Seleksi Tilawatil Quran di Tulangbawang Barat 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG BARAT - Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) Rasyidi menghadiri sekaligus membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke II tingkat Tubaba Tahun 2021 di Aula Rapat Pondok Pesantren Al-Furqon Panaragan Jaya, Sabtu (25/09/2021).

Bupati Tubaba Umar Ahmad dalam sambutannya yang dibacakan Rasyidi, menyebut bahwa Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) adalah kegiatan yang telah mengakar dari tingkat nasional hingga tingkat terendah yaitu kecamatan dan desa. 

Ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan di masing-masing cabang pada pemahaman Al-Qur’an.

"STQ ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi, saling tukar pengalaman dan pemahaman dalam mengkaji Al-Qur’an," kata Rasyidi menyampaikan sambutan Bupati Umar Ahmad.

Dia melanjutkan, tujuan yang mendasar ini tidak lain adalah untuk menjaga dan melestarikan Al-Qur’an sebagai wahyu dari Allah SWT yang agung, yang akan tetap relevan sepanjang masa. 

"Salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan pemahamannya adalah dengan adanya kegiatan Tilawatil Qur'an," paparnya.

Di era serba maju ini, sudah banyak bukti bahwa Al-Qur’an mampu menjawab semua tantangan di era sekarang.

Dengan mempelajari Al-Qur’an secara utuh, bukan setengah-setengah, maka akan terbuka semua wawasan mengenai bumi dan isinya.

Juga mengenai manusia dan kehidupannya, serta dapat menemukan keagungan, kemuliaan dan kemukjizatan kitab suci Al-Qur’an.

Pelaksanaan STQ ke II Kabupaten Tubaba sebanyak delapan cabang diantaranya cabang Tilawah, Cabang Tahfiz Al-Qur'an, Cabang Tafsir Al-Qur'an dan hafalan 30 Juz, Cabang Khath Al-Qur'an, Cabang Makalah, Cabang Hadist, Cabang Pensyarahan, dan Cabang Fahmil Qur'an

Peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 100 orang dan 15 regu dari 9 Kecamatan di Tubaba.

Seluruh Pelaksnaan Kegiatan STQ tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Fuqon Panaragan Jaya.

( Tribunlampung.co.id / endra zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved