Breaking News:

Lampung Barat

Pesona Danau Ranau di Lampung Barat, Cerita Si Pahit Lidah hingga Ular Naga Emas

Danau Ranau memiliki pesona tersendiri. Danau yang terletak di ujung wilayah Kabupaten Lampung Barat, satu objek wisata yang patut dikunjungi.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Dedi Sutomo
Humas Pemkab Lambar
Pesona Indah Danau Ranau yang jadi objek wisata unggulan Lampung Barat. Dari Cerita Si Pahit Lidah hingga Naga Emas Danau Ranau. 

RIBUNLAMPUNG.CO.ID,  LAMPUNG BARATDanau Ranau memiliki pesona tersendiri. Danau yang terletak di ujung wilayah Kabupaten Lampung Barat ini, sudah cukup lama dikenal luas memiliki keindahan tersendiri.

Danau Ranau merupakan danau tektonik/vulkanik. Dimana aliran sungai yang masuk ke danau berasal dari sungai Warkuk dan aliran keluarnnya sungai Komering.

Keunikan danau yang memiliki luas sekitar 125,9 kilometer persegi ini, adalah keberadaan Gunung Seminung yang tepat berada di sisi danau.

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, setelah danau Toba. Letaknya secara geografis, ada diperbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan.

Tepatnya antara Kabupaten Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Danau Toba telah lama menjadi satu destinasi wisata unggulan. Bagian yang masuk Lampung Selatan berada di Kecamatan Lumbok Seminung.

Baca juga: PTPN VII Punya Utang Segunung Rp 12 Triliun, Termasuk untuk Bayar Gaji Karyawan 

Untuk mencapai danau Ranau pengunjung harus menempuh jalan berkelok khas wilayah pegunungan dengan waktu tempuh dari Liwa 1-2 jam dengan menggunakan kendaraan.

Hijaunya alam perbukitan, kian indah dengan hamparan sawah warga yang menguning dikala menjelang waktu panen.

Tak hanya keindahan alamnya yang indah. Danau Ranau pun menyimpan dua cerita menarik. Pertama cerita legenda Si Pahit Lidah, dan cerita rakyat Naga Emas Danau Ranau.

Tak hanya menjadi destinasi wisata. Danau Ranau pun menjadi tempat warga mencari mata pencaharian. Banyak warga yang membuat keramba apung untuk memelihara ikan air tawar, seperti Nila.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved