Breaking News:

Metro

DKP3 Pastikan Kota Metro Lampung Aman dari Penyakit Rabies 

sejak tahun 2017 tidak ditemukan hewan penular rabies (HPS) yang terjangkit virus. Sehingga Metro dinyatakan bebas rabies.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Indra
Penyuntikan vaksin rabies kepada kucing. DKP3 Pastikan Kota Metro Aman dari Penyakit Rabies  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) memastikan Kota Metro aman dari penyakit rabies.

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Pertanian (DKP3) Kota Metro Parjiya mengatakan, sejak tahun 2017 tidak ditemukan hewan penular rabies (HPS) yang terjangkit virus. Sehingga Metro dinyatakan bebas rabies.

"Kasus terakhir itu pada 2016. Sampai sekarang tidak ada kasus orang yang tertular rabies maupun hewan yang terkena," ujarnya mewakili Kepala DKP3 Metro saat peringatan hari rabies di Puskeswan, Selasa (28/09/2021).

Ia mengaku, pihaknya telah menyuntikkan 2.500 dosis vaksin rabies kepada kucing, anjing, dan kera.

Penyuntikan dilakukan setahun sekali.

"Hari ini kita berikan 50 dosis vaksin supaya tidak terjadi penumpukan massa. Dan sebelumnya juga kita sudah suntik massal di kelurahan-kelurahan," imbuhnya. 

Dijelaskannya, pemberian vaksinasi kepada HPS yang ada di Kota Metro sebagai antisipasi untuk mencegah hewan terserang rabies.

Karena penyakit rabies dapat tertular kepada manusia. Karenanya, DKP3 mengantisipasi dengan pemberian vaksin.

Namun demikian, meski tidak ada kasus, pihaknya selalu mengimbau warga yang memiliki hewan periharaan untuk dilakukan vaksinasi.

Terlebih kepada hewan yang berasal dari luar Kota Metro.

Sementara Kepala DKP3 Metro Hery Wiratno menambahkan, selain pemberian vaksinasi gratis kepada hewan peliharaan, ke depan pihaknya berencana mengembangkan Puskeswan menjadi rawat inap.

"Salah satu agenda kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat itu menjadikan Puskeswan menjadi rawat inap. Selain bisa memberi pelayanan maksimal, ini juga bisa menjadi tambahan PAD untuk Metro," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved