Breaking News:

Kota Metro

172 Ribu Warga Metro Lampung Terdaftar JKN KIS

Sebanyak 83,2 persen dari 172 ribu penduduk Kota Metro telah terdaftar keikutsertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
dokumentasi
172 Ribu Warga Metro Lampung Terdaftar JKN KIS 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sebanyak 83,2 persen dari 172 ribu penduduk Kota Metro telah terdaftar keikutsertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). 

Kepala Bidang Perluasan Peserta BPJS Kesehatan cabang Metro Riski mengatakan, untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) harus mencapai kepesertaan 95 persen. Saat ini Metro baru 83,2 persen dari jumlah penduduk.

"Kalau hitungan UHC 95 persen untuk Metro itu ada 20 ribu peserta baru lagi. Saat ini keikutsertaan mencapai 83,2 persen, tapi ada tunggakan Rp 14 Miliar dari peserta mandiri atau 17 ribu peserta," bebernya selepas hearing bersama Komisi II DPRD Metro, Rabu (29/05/2021).

Terkait usulan DPRD agar Pemkot Metro menganggarkan Rp 28 miliar, pihaknya mendukung agar keikutsertaan mencapai 95 persen dan UHC tercapai. "Kalau perhitungan kami mudah-mudahan sudah tercover. Tadi perhitungan fokus kepada penambahan peserta kelas 3," terangnya.

Baca juga: RSUDAM Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan, RS Tipe A yang Komit Beri Pelayanan ke Peserta JKN-KIS

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti mengaku, usulan DPRD tahun 2022 untuk menganggarkan Rp 28 miliar untuk menambah jumlah keikutsertaan masyarakat agar terjamin kesehatannya. 

"Jadi nanti keikutsertaan BPJS kesehatan akan ditambahkan sehingga UHC mencapai 95 persen. Itu akan ditanggung oleh perintah daerah. Sehingga keluar angka Rp 28 miliar. Capaian UHC memang sudah direncanakan oleh Pemkot Metro pada tahun 2024. Target Pak Wali Kota mencapai 95 persen," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved