Breaking News:

Universitas Terbaik Sumatera

Dr Ihsan UM Metro Jadi Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional

Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed., dosen sekaligus Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah (

Ist
Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed., dosen sekaligus Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah ( 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed., dosen sekaligus Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Metro berhasil lolos sebagai asesor akreditasi jurnal ilmiah tingkat nasional tahun 2021, setelah mengikuti tes seleksi oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Deputi Bidang Penguatan dan Pengembangan.

“Prosesnya cukup panjang, ada test seleksi calon asesor, kita ikuti test tersebut lalu setelah beberapa bulan diumumkan lulus menjadi salah satu kandidat asesor jurnal tingkat nasioanal dan kemudian setelah mengikuti pelatihan calon asesor jurnal tingkat nasional, alhamdulillah hasilnya memenuhi syarat sebagai editor jurnal sinta 2,” ungkap Dr. Ihsan saat ditanya soal keberhasilannya lolos sebagai asesor akreditasi jurnal ilmiah tingkat nasional tahun 2021.

Kemudian, Kamis-Jum’at 30 September - 1 Oktober 2021, Dr. Ihsan diundang oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Deputi Bidang Penguatan dan Pengembangan untuk mengikuti Penyamaan Persepsi Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2021.

Dalam kegiatan ini setidaknya ada dua pokok pembahasan yang harus diikuti oleh para asesor, seperti Penyamaan Persepsi Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah, Desk Evaluasi Usulan Akreditasi dan lain-lain yang dianggap relevan.

Selaku asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah tingkat nasional tahun 2021, Dr. Ihsan masuk dalam kelompok kepakaran Bidang Ilmu Pendidikan dan Bahasa. Seperti diketahui sebelumnya, Dr. Ihsan telah menekuni ilmu pendidikan selama studinya (S1, S2 dan S3). Bahkan saat ini dirinya mengaku tengah menjadi editor dan reviewer lebih dari 15 jurnal kampus dan profesi di dalam dan luar negeri.

Lebih jauh, sosok yang dikenal humoris di lingkungan kampusnya juga banyak mengisi pelatihan penulisan karya ilmiah dan artikel, sebab dirinya juga memiliki pengalaman sebagai wartawan di Darussalam Pos pondok Modern Gontor.

Kecintaannya terhadap menulis kerap ia tuangkan dalam buku dan artikel ilmiah yang telah terindeks sinta maupun scopus bersama timnya di luar negeri.

Terakhir, selain aktif mengajar di Program Pascasarjana UM Metro khususnya di Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, beliau juga diamanahi membimbing disertasi mahasiswa S3. Berkat bimbingannya 2 mahasiswa calon doktor sudah lulus dan beberapa masih dalam proses bimbingan. Hasil bimbingannya (S2 dan S3) lalu dijadikan artikel bersama untuk diterbitkan di jurnal nasioanl, luar negeri dan terindeks scopus.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved