Breaking News:

Tanggamus

Tak Ada Wereng, Petani Tanggamus Lampung Bisa Panen Gadu

Menurut Fajri, petani padi di Pekon Simpang Kanan, Kecamatan Sumber Rejo, panen tahun ini cukup bagus dan termasuk berhasil dibanding tahun lalu.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Petani di Tanggamus merontokkan buah padi dari tanamannya dan di musim gadu tahun ini tidak terserang hama wereng batang cokelat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Petani padi di Tanggamus bersyukur dalam tahun ini bisa panen sampai masa tanam musim kemarau (gadu) karena tidak ada hama wereng batang cokelat.

Menurut Fajri, petani padi di Pekon Simpang Kanan, Kecamatan Sumber Rejo, panen tahun ini cukup bagus dan termasuk berhasil dibanding tahun lalu.

"Syukurlah tahun ini bisa panen, beda dengan tahun kemarian yang tidak bisa panen. Waktu itu habis sama wereng," terang Fajri, Sabtu (9/10/2021).

Ia mengaku, pada masa tanam gadu ini, hama termasuk wajar. Adanya hama tidak sampai merusak tanaman padi atau menggagalkan panen. Dan juga bisa dikendalikan.

Baca juga: Duka Petani Kerang Hijau di Lampung Selatan, Gagal Panen karena Dihantam Gelombang Tinggi

"Kalau hama ya biasa saja, tetap ada, seperti wereng, ulat, burung, lainnya. Tapi semuanya masih wajar bisa diatasi," ujar Fajri.

Ia mengaku hasil panenan musim gadu ini pun lumayan banyak. Untuk satu hektare perbandingannya bisa lima sampai enam ton.

Petani lainnya Wahyu mengaku, memang tanaman padi tergantung pada banyaknya faktor agar bisa panen. Dari mulai pupuk, air, hama, cuaca.

Ditambah penanganan tiap tahap, seperti waktu pembajakan, saat pertumbuhan tanaman yang harus dijaga dari gulma dan hama, sampai menjaganya di masa jelang panen.

Dan untuk air, meskipun musim gadu namun air mencukupi. Sawah tidak sampai kekeringan. Sehingga tanaman padi bisa tumbuh normal.

"Kalau air ya sangat pengaruh, kalau pas lagi mulai tanam terus memupuk kalau tidak ada air payah juga. Tapi sekarang ini airnya ada," ujar Wahyu.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved