Breaking News:

Metro

Jumlah Pemilih di Metro Lampung Bertambah 402 Orang

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan, dari hasil rapat koordinasi triwulan III, ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 402 orang.

Tribunlampung.co.id / Indra
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk Pemilu 2024.  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk Pemilu 2024. 

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan, dari hasil rapat koordinasi triwulan III, ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 402 orang di wilayah setempat. Dimana sebelumnya, jumlah DPT sebanyak 115.837.

"Saat ini jumlah menjadi 116.239 pemilih atau tambah 402. Dengan rincian, pemilih laki-laki berjumlah 57.572 orang dan pemilih perempuan sebanyak 58.667 yang tersebar di lima kecamatan se-Kota Metro," tukasnya, Minggu (10/10/2021).

Ia mengaku, penambahan pemilih berasal dari jumlah penduduk Kota Metro yang berusia 17 tahun atau sudah bisa menggunakan hak suara, pensiunan dari TNI maupun Polri, serta masyarakat yang pindah ke wilayah setempat dan tercatat pada Disdukcapil.

Baca juga: Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Bandar Lampung 659.233 Warga

Dijelaskannya, PDPB dilaksanakan secara simultan setiap bulan yang bertujuan untuk memperbaharui data pemilih, guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada saat Pemilu atau Pilkada selanjutnya.

Karenanya, KPU mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Terutama bagi warga yang belum terdaftar sebagai pemilih dan mengalami perubahan identitas kependudukan.

"Itu seperti pemilih pemula (berusia 17th), keluarga atau tetangga yang sudah meninggal dunia, alih status yang sebelumnya sebagai anggota TNI/Polri menjadi sipil, dan warga yang pindah ke Kota Metro untuk turut melaporkan pada instansi terkait," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved