Breaking News:

Pesawaran

Siltap Berkurang, Sekda Pesawaran Lampung Minta Perangkat Desa Memahami Situasi

Penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan perangkat desa di Kabupaten Pesawaran berkurang imbas dari APBN, Sekda minta perangkat desa memahami situasi

Tribunlampung.co.id / Robertus Didik B C
Sekda Pesawaran Kusuma Dewangsa/Kominfo. Penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan perangkat desa di Kabupaten Pesawaran berkurang. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan perangkat desa di Kabupaten Pesawaran berkurang.

Pengurangan ini imbas dari berkurangnya dana perimbangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ke Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kusuma Dewangsa menceritakan terkait bagaimana  siltap dan tunjangan perangkat desa terpengaruh dengan pengurangan dana perimbangan.

Menurut dia, siltap dan tunjangan perangkat desa, selama ini bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sementara ADD ini berasal dari dana perimbangan.

"Tahun ini dana perimbangan yang kami terima dari pusat mengalami pengurangan, makanya berpengaruh kepada Siltap dan tunjangan para perangkat desa," ujar Kusuma melalui Kominfo Pesawaran, Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin.

Baca juga: JW Marriot Hadir di Pesawaran Lampung, Bangun Hurun Beach Resort Investasi Rp 360 Miliar

Kusuma yang juga ketua TAPD Kabupaten Pesawaran ini menambahkan, penyesuaian pembayaran ini berlaku untuk 6 bulan, mulai bulan Juli lalu sampaiDesember 2021.

Penyesuaian ini, menurut dia, sudah diatuar dalam surat Nomor 410/2577/IV.15/2021 tanggal 4 Oktober 2021 perihal Penyesuaian Pembayaran Siltap dan Tunjangan perangkat desa.

Perhitungan ADD, lanjut Kusuma, diatur sesuai dengan amanat  Pasal 72 ayat (4) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Perhitungan ADD, dari dana perimbangan yang diterima oleh kabupaten sebesar 10%. Itu setelah dikurangi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kusuma mengucapkan, Pemerintah Pusat menerbitakan regulasi terkait situasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Hotel Bertaraf Internasional akan Hadir di Pesisir Pesawaran Lampung, Pembangunan Selesai Tahun 2022

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved