Breaking News:

Universitas Lampung

Rektor Universitas Lampung Prof Karomani Buka Kuliah Tamu FISIP secara Virtual

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., memberikan sambutan dan membuka kegiatan Kuliah Tamu yang digelar Jurusan Sosiologi, Fak

ist
Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., memberikan sambutan dan membuka kegiatan Kuliah Tamu yang digelar Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kegiatan bertajuk “Generasi Muda dan Ancaman Digital: Suatu Tinjauan Sosiologi Keamanan” ini diselenggarakan secara daring, Selasa, 12 Oktober 2021.

Pembukaan turut dihadiri para pejabat eselon I, II, dan III Unhan RI, wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FISIP Unila, para dosen, dan mahasiswa FISIP Unila.

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., memberikan sambutan dan membuka kegiatan Kuliah Tamu yang digelar Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila.

Urusan keamanan dan pertahanan saat ini tidak hanya mencakup masalah teritorial dan kedaulatan secara fisik, atau hanya terkait dengan pertempuran di medan perang. Di era globalisasi, keamanan dan pertahanan juga sudah semakin luas mencakup ranah-ranah baru, khususnya ketika teknologi mengambil peran penting.

Prof. Karomani mengatakan, keamanan dan pertahanan merupakan bagian esensial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seluruh elemen masyarakat patut berpartisipasi dalam rangka mewujudkannya.

Banyak aspek kehidupan tidak bisa lepas dari peranan teknologi digital. Sudah tentu, perkembangan teknologi yang kian canggih membawa banyak manfaat bagi kehidupan sosial.

“Akan tetapi di sisi lain, teknologi juga menghadirkan ekses-ekses yang tidak produktif, tidak membangun, bahkan berpotensi menjadi ancaman bagi kehidupan bermasyarakat maupun bernegara” ujarnya.

Gambaran dinamika globalisasi inilah yang menjadi titik munculnya urgensi untuk memahami kompleksitas baru tersebut guna membangun sikap, strategi, dan tindakan, terhadap berbagai dinamika yang muncul dari perkembangan teknologi. Di sinilah, peran disiplin ilmu sosiologi sangat relevan dan penting.

“Saya berharap, melalui gagasan dan diskusi yang terbangun dalam kuliah tamu ini dapat merangsang insan-insan muda, mahasiswa, untuk tergerak lebih jauh mempelajari perkembangan kajian ilmu sosial, serta berkontribusi nyata dalam kehidupan sosial,” tuturnya sebelum membuka kegiatan secara resmi.

Pada pertemuan itu, Prof. Karomani mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Rektor Unhan RI atas kesediaanya untuk hadir berbagi wawasan dan pengetahuan baru.

Kehadiran Rektor Unhan RI pada kegiatan kuliah tamu merupakan wujud jalinan kerja sama Universitas Lampung, khususnya Jurusan Sosiologi Unila.

Ia pun turut mengapresiasi kinerja jurusan sosiologi berkenaan dengan implementasi kurikulum baru MBKM, dimana penyelenggaraan kuliah tamu kali ini merupakan bagian dari amanat kurikulum tersebut.

Pada kegiatan ini penyelenggara menghadirkan Rektor Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., selaku pemateri, dan Ketua Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Lampung Dr. Bartoven Vivit Nurdin, M.Si., sebagai moderator.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD. Adapun materi yang disampaikan berjudul “Ancaman Digital bagi Generasi Muda Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Sosiologi Keamanan”.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved