Breaking News:

Wawancara Ekslusif

Mencari Penyebab Turunnya Produktivitas Ikan di Mesuji Lampung

Produktivitas tanggakapan ikan di Mesuji akhir-akhir ini menurun. Padahal, sebelumnya Mesuji dikenal sebagai penghasil ikan, seperti ikan jelabat

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: soni
tribun lampung / M Rangga Yusuf
wawancara ekslusif 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Produktivitas tanggakapan ikan di Mesuji akhir-akhir ini menurun. Padahal, sebelumnya Mesuji dikenal sebagai penghasil ikan, seperti ikan jelabat, belida, baung, dan gabus.

Apakah pandemi Covid ikut memengaruhinya? Ataukah ada faktor lainnya?  Simak wawancara ekslusif Tribun Lampung bersama Kepala Dinas Perikanan Mesuji Ripriyanto.

1. Kabupaten Mesuji memiliki potensi besar di sektor perikanan. Untuk tahun ini, seperti apa produktivitas hasil tangkapan ikan di Mesuji?

Memang Kabupaten Mesuji punya potensi besar dibidang perikanan karena miliki sungai dan rawa-rawa yang potensial.

Terkait hasil tangkap sendiri memang saat ini sangat menurun dibandingkan zaman dahulu. Apalagi dahulu di Kabupaten Mesuji ini memang sangat banyak hasil ikan nya seperti, ikan jelabat, belida, baung, dan gabus.

Dan saat ini memang hasil ikan di perairan sangat kurang, artinya tidak seperti dulu.

Ada banyak penyebabnya, seperti di Kabupaten Mesuji sudah mulai banyak perusahaan. Dan beberapa perusahaan menghasilkan limbah, sehingga mencemarkan perairan di Kabupaten Mesuji.

Ditambah dengan penangkapan para nelayan yang tidak ramah lingkungan.

Meskipun demikian kami tetap berupaya untuk memberikan edukasi kapada masyarakat atau nelayan untuk menangkap dengan cara ramah lingkungan.

Selain itu juga kami saat ini sedang menggodok Raperda Sumberdaya Perikanan untuk mempercepat pemulihan ekosistem ikan di perairan Mesuji.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved