Breaking News:

Tanggamus

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rutan Tanggamus Gelar Lomba Adzan dan Tahfidz

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rumah Tahanan (Rutan) Kota Agung menggelar lomba Tahfidz dan Adzan.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rutan Tanggamus Gelar Lomba Adzan dan Tahfidz 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rumah Tahanan (Rutan) Kota Agung menggelar lomba Tahfidz dan Adzan.

Sebanyak 24 orang warga binaan mengikuti lomba.

Menurut Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh, kegiatan tersebut dalam rangka pembinaan ke warga binaan dan upaya mencintai Alquran, agama Islam dan Nabi Muhammad SAW.

"Perlombaan ini bukan menang atau kalah yang di kedepankan, melainkan sikap mengamalkan ilmu yang telah didapat selama mengikuti majelis taklim serta mempererat tali silaturahmi antar warga binaan dan petugas," kata Sobirin, Rabu 20 Oktober 2021.

Dikatakannya, untuk lomba tahfidz ada tiga kriteria yang dinilai. Yakni tadjwid, kelancaran hafalan, serta kemampuan sambung ayat.

Baca juga: Bocah 4 Tahun di Lampung Utara Terkena Air Panas, Tak Punya BPJS untuk Pengobatan

Untuk lomba adzan juga ada tiga kriteria. Yakni makhraj, irama, adab. 

"Semoga melalui lomba ini seluruh warga binaan semakin tertanam rasa cinta terhadap Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," terang Sobirin.

Menurutnya, lomba ini pun dalam rangka peringatan Hari Darmakarya Dika yang jatuh pada 30 Oktober mendatang, sekaligus nantinya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Prameswari, selaku ketua panitia lomba mengatakan, peserta merupakan mereka yang dipilih sebagai perwakilan terbaik dari masing-masing kamar hunian. 

"Mereka juga yang selama ini telah aktif mengikuti program pembinaan keagamaan melalui majelis taklim At-Taubah Rutan Kota Agung pada hari Senin sampai Jumat setiap pekannya," terang Prameswari.

Ia pun mengaku, lomba ini juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan keagamaan serta apresiasi bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti pembinaan agama Islam. 

Baca juga: HUT Ke-57 Partai Golkar, DPD I Golkar Lampung Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Untuk penilaian dilibatkan Kantor Kementerian Agama Tanggamus sebagai juri, yakni Ustadz Umar Syarif Hidayatullah. 

Para pemenang lomba. Untuk lomba tahfidz yakni Widiyanto dari kamar B1, juara II Wisnu dari kamar B4.

Sementara untuk lomba adzan, juara I diraih Sumarjono dari kamar A3 dan juara II diraih Asep Hendra Saputra Jaya dari kamar B1. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved