Breaking News:

Tulangbawang Barat

Bupati Apresiasi Paguyuban Pasundan Pilih Tubaba Jadi Tuan Rumah Sundanese Art Festival

Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad membuka acara Lampung Sundanese Art Festival VI Tahun 2021.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Endra
Pembukaan Lampung Sundanese Art Festival VI Tahun 2021 di Uluan Nughik, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba, Sabtu (30/10/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG BARAT - Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad membuka acara Lampung Sundanese Art Festival VI Tahun 2021.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Uluan Nughik, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba, Sabtu (30/10/2021).

Bupati Tubaba Umar Ahmad menyebut, festival Sundanese inI merupakan proses akulturasi budaya yang ke depannya menjadi perhatian.

"Bukan hanya bicara seni tetapi juga sudut pandang lainnya seperti pangan, lingkungan, dan lain-lain," kata Umat saat membuka festival.

Dia juga mengapresiasi kepada Paguyuban Pasundan yang telah memilih Tubaba menjadi tuan rumah pagelaran Festival ini.

"Semoga ini menjadi ajang silaturahmi untuk mengenal budaya masing-masing daerah tanpa menghilangkan kebudayaan asli daerah itu sendiri. Dan dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, acara ini resmi dibuka," kata Umar.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili kepala UPTD pengelolaan wisata menara Lampung, Saludin, mengatakan, setidaknya ada dua hal yang dapat dipetik bersama pada festival negeri Pasundan ini.

Yakni memperkokoh rasa persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi diantara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat, dan menambah wacana seni budaya Provinsi Lampung.

Ketua Paguyuban Pasundan Provinsi Lampung Bustomi Rosadi, mengatakan, festival Sundanese Art ini adalah sebagai upaya memelihara dan menjalin tali silaturahmi antar sesama masyarakat Sunda yang ada di Lampung maupun dengan masyarakat Lampung itu sendiri.

"Ini upaya kita melestarikan seni budaya daerah Sunda maupun Lampung, sekaligus mempromosikan destinasi wisata khususnya di Tubaba, dan umumnya di Provinsi Lampung kepada khalayak ramai," kata Bustomi.

Baca juga: Tahun 2022, DPRD dan Pemkab Tulangbawang Barat Usulkan 12 Raperda

Terpisah, Ketua Paguyuban Pasundan Tubaba, Syarif Hidayat, mengatakan pada kegiatan Festival ini digelar beberapa perlombaan yang merupakan kolaborasi kebudayaan Sunda dan Lampung.

Diantaranya, Rampak Sekar, Anggana Sekar Putra, Anggana Sekar Putri, Rampak Silat, Tari Bedana, Tari Jaipongan, dan Pantun.

(Tribunlampung.co.id/endra zulkarnain)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved