Breaking News:

Bandar Lampung

Pemprov Lampung Bentuk Dewan Gelar Daerah untuk Cari Pahlawan Daerah

Adanya DGD ini sebagai perpanjangan dari Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) sebagai verifikasi untuk mencari pahlawan daerah. 

Penulis: Bayu Saputra | Editor: soni
tribun lampung / bayu saputra
Kadissos Lampung Aswarodi. 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Sosial (Disos) membentuk Dewan Gelar Daerah (DGD). 

Hal tersebut disampaikan oleh Kadisos Lampung Aswarodi saat ditemui Tribun Lampung, Selasa (2/11/2021), seusai menggelar rapat bersama akademisi hingga tokoh Lampung di ruang sakai sambayan. 

Adanya DGD ini sebagai perpanjangan dari Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) sebagai verifikasi untuk mencari pahlawan daerah. 

Baca juga: UM Metro dan Dinas Sosial Berkolaborasi dalam Program Penanganan Psikososial di Kota Metro

"Jadi siapapun yang ditentukan sebagai pahlawan ini sangat mengapresiasi tokoh masyarakat daerah dan berjuang mengharumkan nama Lampung dan ini ada apresiasinya, " kata Aswarodi

Mekanisme usul penganugerahan bisa dari keluarga, persyaratannya membawa syarat ketentuan lalu diteliti tim TP2GD dan diserahkan ke tim DGD rekomendasikan. 

Kemudian tim DGD akan merekomendasikan usulan tersebut untuk Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai pahlawan daerah. 

Karena itu perlu adanya tim diperoleh satu bahan yang komprehensif data pendukung sebagai pahlawan daerah hingga pahlawan nasional. 

Dewan gelar daerah memberikan pertimbangan untuk gelar kepada tokoh dearah. "Kita konsep surat berdasarkan surat DGD diserahkan pada hari besar hari pahlawan, " kata Aswarodi

Rekomendasi rapat tadi juga mengusulkan M Gele 
Harun dan Ali Hanafiah sebagai pahlawan nasional. Dan usulan Marzuli Warganegara yang diusulkan sebagai pahlawan daerah. 

"Kalau M Gele Harun dan Ali Hanifah kita usulkan kembali, usulan tahun sebelumnya  banyak catatan mulai dari napak tilas yang harus dilengkapi, " kata Aswarodi

Marzuli Warganegara merupakan tokoh olahraga Lampung dan telah didata dan dicoba didorong dalam HUT Provinsi Lampung pada 8 Maret 2022 untuk dinobatkan sebagai pahlawan daerah. 

( Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved