Breaking News:

Lampung Selatan

Dukung Budaya Literasi, Bupati Lamsel Minta Kadis Kurangi Merokok untuk Sumbang Empat Buku

Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah untuk membudidayakan Literasi Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mencanangkan satu Kepala Dinas (Kadis) s

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: soni
dokumentasi
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mencanangkan satu Kepala Dinas (Kadis) sumbang 4 buku. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah untuk membudidayakan Literasi Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mencanangkan satu Kepala Dinas (Kadis) sumbang 4 buku.

Hal itu disampaikan Bupati saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca serta Pengukuhan 17 Bunda Literasi Tingkat Kecamatan se-Lampung Selatan yang dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, Rabu pagi (3/11/2021).

Nanang mengungkapkan budaya gemar membaca merupakan gerakan yang sangat positif yang harus terus didukung dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat secara luas.

"Bentuk dukungan pemerintah daerah untuk membudidayakan Literasi melalui peningkatan sarana, prasarana dan ketersediaan buku bacaan di perpustakaan," katanya, Rabu (3/11/2021)

"Saya meminta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat menyumbangkan buku ke perpustakaan," ungkapnya.

Baca juga: 8 Bunda Literasi se-Provinsi Lampung Resmi Dikukuhkan

Nanang mengatakan dengan begitu akan ada banyak jenis dan judul buku yang nantinya akan meningkatkan minat baca masyarakat terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Nanti kami akan meyumbangkan buku. Satu Kadis (Kepala Dinas) 4 buku. Jadi berhenti dulu, kurangi rokok kalian seminggu ini, kan nggak seberapa harga bukunya," katanya.

"Saya juga meminta kepada semua pihak agar dapat mendonasikan buku bacaan ke perpustakaan. Camat juga begitu sumbang buku, UPT yang ada di kecamatan juga sumbang buku. Nanti koordinatornya Pak Sekda," jelasnya.

Nanang meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat mampu melakukan inovasi dengan menyediakan layanan informasi secara digital.

"Semua informasi tentang Perpustakaan Daerah harus dapat dibuat dengan mudah, dan diakses oleh masyarakat secara online. Termasuk menyediakan kartu digital bagi masyarakat yang akan meminjam buku di perpustakaan daerah dan perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah," ungkapnya.

"Harapan kita dalam Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini dapat meningkatkan minat baca Msayarakat. Serta menumbuhkan minat kususnya para pelajar dan mahasiswa untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah," pungkasnya. ( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved