Breaking News:

PLN Lampung

PLN Mengurangi 900 Juta Ton Karbon per Tahun

_Inisiatif ini membutuhkan investasi skala besar mencapai USD 500 miliar.

Ist
_Inisiatif ini membutuhkan investasi skala besar mencapai USD 500 miliar. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, -  Inisiatif ini membutuhkan investasi skala besar mencapai USD 500 miliar. PLN membutuhkan dukungan dari lembaga pembiayaan untuk memperoleh green financing dengan bunga rendah._

 PT PLN (Persero) menyiapkan peta jalan yang komprehensif untuk mencapai komitmen dan aksi iklim Indonesia _(Nationally Determined Contribution_/NDC) pada 2030 dan dalam mengejar target _Carbon Neutral_ 2060 sembari menjaga pertumbuhan bisnis.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Evy Haryadi, mengatakan peta jalan yang disiapkan PLN akan menghasilkan pengurangan emisi sebesar 900 juta ton CO2 ekivalen pada 2060. Peta jalan ini terdiri dari 13 inisiatif hingga 2060. 

"Inisiatif jangka pendek ini (NDC 2030) akan membutuhkan dukungan belanja modal _(capex)_ sebesar USD 148 miliar," ujarnya dalam talkshow _Business Leadership: Supporting Ambitious Target Achievement on GHG Emission Reduction_ dalam rangkaian KTT COP 26, Rabu (3/11) waktu setempat.

Adapun 9 inisiatif disiapkan mendukung NDC 2030, yakni pengembangan pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT), konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke EBT, pengembangan pembangkit gas, menerapkan teknologi PLTU ramah lingkungan, memensiunkan PLTU, penerapan co-firing, melakukan penerapan efisiensi dan menurunkan susut jaringan, percepatan memensiunkan PLTU, _Carbon Capture and Storage_ (CCS), serta penerapan co-firing berbasis hidrogen.

Sementara itu, terkait program jangka panjang untuk mencapai target _Carbon Neutral_ 2060, lanjut Evy, PLN memiliki tambahan 4 inisiatif yaitu penambahan pembangunan pembangkit EBT, baterai, dan interkoneksi sistem listrik, penambahan co-firing berbasis hidrogen, penambahan CCS, serta penambahan PLTU pensiun.

PLN setidaknya membutuhkan investasi mencapai USD 500 miliar untuk beralih dari skenario _business as usual_ (BAU) menjadi _carbon neutral_ dengan biaya mitigasi senilai USD 35 - USD 40 per ton CO2 ekivalen.

"PLN juga menghadirkan Pusat Keberlanjutan untuk mendorong perjalanan _carbon neutral._ Pusat Keberlanjutan ini terdiri dari PLN Corporate University, Pusat Keunggulan _(Center of Excellence_), dan Transformation Office," katanya.

Selain itu, Evy mengatakan untuk memuluskan target menuju 2060, PLN perlu memastikan 4 pendekatan dapat dilakukan. Untuk dapat mencapai _Carbon Neutral_ 2060 PLN tidak bisa sendiri, perlu dukungan dari seluruh pihak, terutama pemangku kebijakan.

Pertama, PLN memproyeksikan akan ada tambahan biaya listrik ke pelanggan sebesar cUSD 3,3 per kWh pada 2060. Perlu kebijakan dari pemerintah untuk dapat menganggarkan subsidi atau kompensasi sehingga tidak membebani masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved