Breaking News:

Lampung Selatan

Pemkab Lampung Selatan Lantik 389 Pejabat Eselon III dan IV

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kembali melantik 389 pejabat eselon III dan IV.

Tribunlampung.co.id/Domi
Pelantikan 389 pejabat eselon III dan IV di halaman Kantor Dinas Bupati Lampung Selatan, pada Jumat (5/11/2021). Pemkab Lampung Selatan Lantik 389 Pejabat Eselon III dan IV 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kembali melantik 389 pejabat eselon III dan IV.

Dengan rincian sebagai berikut, sebanyak 64 orang menempati pejabat administrator atau setingkat eselon III.

Dan 325 orang pejabat dilantik sebagai pengawas atau setingkat eselon IV.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Bupati Lampung Selatan, pada Jumat (5/11/2021).

Adapun, pemberhentian, pemindahan, dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan administrator dan jabatan pengawas itu berdasarkan Keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor 821.23/955/V.05/2021 dan 821.24/956/V.05/2021 tanggal 5 November 2021.

Sekda Thamrin menyampaikan, bahwa pelantikan pejabat tersebut merupakan kebijakan yang diambil berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja dari seorang ASN.

"Tujuannya untuk menghasilkan pejabat yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas KKN dan penuh inovasi dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan publik  pemerintahan," katanya.

Thamrin mengatakan selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Bupati mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian ASN serta pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dalam pengangkatan pejabat daerah, pak bupati tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan pada objektifitas, kompetensi, kualifikasi, syarat jabatan, penilaian terhadap prestasi kerja, kepemimpinan, kerjasama, kreatifitas, inovasi, tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan golongan," jelasnya.

Thamrin menjelaskan meskipun memiliki hak prerogative untuk menentukan keputusan dan kebijakan dalam proses pembinaan manajemen ASN, namun bupati selaku PPK tetap mempertimbangkan kriteria yang telah disampaikan diatas sejalan dengan tim penilai kinerja kepegawaian.

Baca juga: Pemkab Lampung Selatan Bangun Perumahan Swadaya

"Hal ini sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier PNS sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

"Bukan atas kehendak dan keinganan pak bupati pribadi," pungkasnya.

Dari 64 pejabat eselon III yang dilantik, satu diantaranya Sekretaris Kecamatan Tanjung Bintang Firmansyah dilantik sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Selatan.

Kemudian, dari 325 pejabat eselon IV yang dilantik diantaranya, Sufyan Nawawi dilantik sebagai Kepala Subbag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab dan Yanfauzi dilantik sebagai Lurah Kelurahan Way Lubuk Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

(Tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved