Breaking News:

Metro

Wali Kota Metro Lampung Nilai Peran Dokter Keluarga Sangat Vital

Wali Kota Metro Wahdi menilai peran dokter keluarga tingkat primer sangat vital untuk menekan anggaran. layanan primer kuat akan menghemat anggaran.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Hanif Mustafa
Dok Pemkot Metro
Musda VI Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) Cabang Lampung di Ballroom Hotel Grand Sekuntum Kota Metro. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali Kota Metro Wahdi menilai peran dokter keluarga tingkat primer sangat vital untuk menekan anggaran.

"Sebagian besar masalah kesehatan seharusnya dapat dicegah dan dikontrol dengan baik pada layanan primer," ujarnya saat menghadiri Musda VI Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) Cabang Lampung di Ballroom Hotel Grand Sekuntum Kota Metro, Minggu (07/11/2021).

Menurutnya, layanan primer yang kuat akan dapat menghemat anggaran pada upaya preventif dan bukan semata kuratif.

Karenanya, pengalaman dokter praktik layanan primer sangat penting dalam merawat pasiennya. 

"Indonesia juga sangat merespon dalam Sistem Jaminan Kesehatan bagi Penyelenggara Jaminan Sosial yang masih terus disempurnakan. Pencegahan suatu permasalahan penyakit lebih baik dari pada mengobatinya," tukasnya.

Baca juga: Komunitas Photography dan MUA Metro Galang Dana Bagi Anak Pengidap Penyakit Tuna Rungu

Selain itu, keberlanjutan pelayanan juga amat sangat penting apabila disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan pasien dari segala kelompok usia, ekonomi dan lainnya.

Sementara Ketua PDKI cabang daerah Prof Asep Sukohar menambahkan, anggota PDKI adalah semua dokter penyelenggara pelayanan kesehatan tingkat primer.

Baik yang baru lulus maupun yang telah lama berpraktik sebagai dokter praktik umum.

"Peran dokter keluarga sangat penting, untuk memberikan motivasi, semangat dan edukasi, sebagai salah satu obat kepada masyarakat," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjutak ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved