Breaking News:

Pesisir Barat

Sekkab Pesibar Lampung: Dulu Angkat Senjata, Sekarang Berjuang Lawan Permasalahan Bangsa

Pemkab Pesisir Barat menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan tema 'Pahlawanku Inspirasiku' sekaligus merayakan HUT Korpri.

Dokumentasi Protokol Pesisir Barat
Sekkab Pesisir Barat saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Krui, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Pemkab Pesisir Barat menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan tema 'Pahlawanku Inspirasiku' sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-50 tahun 2021 dengan tema 'ASN bersatu, Korpri tangguh, Indonesia tumbuh'.

Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Labuhan Jukung Krui, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Rabu (10/11/2021 ).

Dalam upacara tersebut, Sekkab Pesisir Barat N Lingga Kusuma bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal.

Dalam pidatonya, Lingga menyampaikan, penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan lantaran pada 10 November 1945 silam terjadi peristiwa sejarah berupa pertempuran hebat antara tentara Indonesia melawan Sekutu di Surabaya, Jawa Timur.

Akibat pertempuran itu, banyak prajurit Indonesia yang gugur di medan perang.

Sehingga pertempuran tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan karena banyaknya prajurit yang dianggap sebagai pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan yang gugur saat itu.

"Peristiwa ini diperingati untuk mengenang kembali jasa pahlawan kita yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raga, serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia," ujar Lingga.

Ia menilai, kemerdekaan bangsa Indonesia tercapai berkat semangat perjuangan rakyat Indonesia yang tinggi.

"Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai," kata dia.

"Selamanya rakyat indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah," sambung Lingga.

Baca juga: Pembuatan Peta Pekon di Pesibar Lampung Jadi Sorotan, Ini Tanggapan Kajari Lambar

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved