Breaking News:

Tanggamus

SD Negeri di Tanggamus Lampung Terancam Ombak, BPBD: Perlu Rekomendasi Dinas Kelautan

BPBD Tanggamus memerlukan rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung untuk memecahkan masalah yang mengancam bangunan SDN 3 Pasar Madang.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Deni Saputra
Ilustrasi seorang anak memandangi puing-puing rumahnya yang tersapu ombak. BPBD Tanggamus memerlukan rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung untuk memecahkan masalah yang mengancam bangunan SDN 3 Pasar Madang. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus memerlukan rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung untuk mengatasi ombak yang mengancam bangunan SDN 3 Pasar Madang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus pun berharap peran serta Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung bantu beri perlindungan SDN 3 Pasar Madang yang terancam abrasi. 

Menurut Edi Nugroho, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tanggamus, wilayah pesisir dan laut adalah kewenangan pihak provinsi maka akan beri rekomendasi permintaan bantuan.

"Kami akan ajukan permohonan rekomendasi harapkan bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung untuk turut membantu. Sebab kewenangan pantai dan laut adalah pihak provinsi," terang Nugroho.

Ia mengaku, dalam masalah ini memang daerah yang berperan dalam hal penanganan bencana.

Baca juga: Bangunan SD Negeri di Tanggamus Lampung Terancam Rusak Dihantam Ombak, Berharap Ada Perhatian

Namun satu sisi ada instansi lain yang bisa dilibatkan, yakni DKL Lampung.

Maka coba diusahakan agar mau membantu. 

Sedangkan untuk model pemecah ombak akan dibahas selanjutnya, model seperti apa yang tepat. Sehingga SDN 3 Pasar Madang tidak rusak akibat abrasi perairan Kota Agung.

"Untuk model pemecah ombaknya nanti dicarikan model yang tepat. Pastinya berbentuk pemecah ombak, sebab jika talud nantinya juga akan hancur. Sedangkan beronjong juga tidak bisa," terang Nugroho. 

Ia mengaku, permasalahan SDN 3 Pasar Madang sudah dibahas oleh pihaknya.

Baca juga: Semua Korban Tenggelam di Pantai Cukuh Batu Tanggamus Lampung Sudah Ditemukan

Dan telah menjadi fokus perhatian.

Kini tinggal meminta peran serta instansi lain serta menentukan model, struktur pemecah ombak yang tepat.

"Kami sudah membahas, dan telah melakukan survei lapangan. Hasil-hasilnya itu yang jadi bahan kami untuk menentukan langkah guna pencegahan bencana," terang Nugroho. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved