Breaking News:

Universitas Lampung

Universitas Lampung Gelar Bedah Musik Kebangsaan: Sosialisasi Nilai Nilai Pancasila Lewat Musik

 Dalam rangka mendukung pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila, Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPI

ist
 Dalam rangka mendukung pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila, Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menyelenggarakan diskusi hibrid berjudul “Bedah Musik Kebangsaan, Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Lewat Musik 2021”. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dalam rangka mendukung pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila, Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menyelenggarakan diskusi hibrid berjudul “Bedah Musik Kebangsaan, Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Lewat Musik 2021”.

Acara yang dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Yulianto, M.S., Rabu, 10 November 2021 ini diikuti para mahasiswa Unila secara offline di Aula Fakultas Pertanian Unila dan online melalui Youtube.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim kolaborasi antara DPR RI dan BPIP yang menggagas dan melaksanakan kegiatan yang sangat penting bagi kita semua,” ujar Prof. Yulianto saat membuka sambutan.

Jika dulu internalisasi nilai-nilai Pancasila dilakukan dalam bentuk penataran, diklat, dan sebagainya, maka saat ini terdapat perbedaan cara menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila dengan masa-masa sebelumnya.

“Kini pemahaman Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus disampaikan, disesuaikan dengan metode kekinian yang disukai anak-anak muda di era keterbukaan informasi 4.0. Salah satunya melalui musik seperti ini,” ungkapnya.

Jiwa anak muda harus dibangkitkan agar pembangunan fisik dan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter dapat tercapai. Pembangunan SDM dan fisik harus dibantu dengan pembangunan jiwa. Dengan demikian, implementasi Pancasila menjadi karakter bangsa, terutama pemuda Indonesia, bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

“Ini merupakan capaian yang sangat baik. Universitas Lampung sangat bangga bisa menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan musik kebangsaan ini,” katanya.

Selain Ketua Komisi II DPR RI Dr. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T., Bedah Musik Kebangsaan di Unila menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Anggota Komisi II DPR RI Ir. Endro Suswantoro Yahman, M.Sc., Plt. Sekretaris Utama BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum., serta Hasyimkan, S.Sn., M.A., selaku Dosen Program Studi Pendidikan Musik FKIP Unila, serta Agus Hafi Artis Penyanyi Album Nyanyian Rumah Indonesia.

Dr. Ahmad Doli mengungkapkan, bedah musik adalah kegiatan yang dilaksanakan BPIP yang salah satu tugas pentingnya adalah mengarusutamakan atau membumikan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai mitra kerja, Komisi II tentu punya kepentingan untuk mendorong proses pengarusutamaan Pancasila semakin masif dilakukan. Kegiatan bedah musik merupakan salah satu metodologi baru yang harapannya bisa diterima anak-anak muda saat ini.

Selain diramaikan dengan pertunjukan Gamolan Lampung dan lagu-lagu karya aransemen Hasyimkan, hadir pula bintang tamu para penyanyi Nyanyian Rumah Indonesia.

Dr. Ahmad Doli menambahkan, para bintang tamu tersebut membuat album Nyanyian Rumah Indonesia berisi lagu-lagu nasional yang diaransemen ulang sesuai genre anak muda.

Album tersebut salah satu strategi mendekatkan lagu-lagu Indonesia yang sarat nilai-nilai kebangsaan, kepada anak-anak muda. Harapannya, anak muda dengan musik sebagai bahasa universal, bisa memaknai isi dari lirik-lirik lagu kebangsaan.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved