Breaking News:

Tulangbawang

800 Hektar Rawa di Tulangbawang Lampung Disulap Jadi Lahan Pertanian Produktif

ementerian Pertanian (Kementan) tahun ini kembali menggulirkan program optimasi lahan rawa (Oplah). program Oplah menyasar 800 hektar lahan basah.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain
Kepala Dinas Pertanian Tuba Nurmansyah bersama Dandim 0426┬áLetkol Kav Joko Sunarto meninjau lahan rawa yang akan sasaran program Oplag di Tulangbawang tahun 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Kementerian Pertanian (Kementan) tahun ini kembali menggulirkan program optimasi lahan rawa (Oplah).

Kegiatan ini merupakan usaha untuk meningkatkan produktivitas atau Indeks Pertanaman (IP) melalui kegiatan penataan sistem air dan lahan.

Di Kabupaten Tulangbawang, program Oplah menyasar 800 hektar lahan basah yang tersebar di Kecamatan Rawapitu, Dente Teladas, dan Gedung Aji.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras) Dinas Pertanian Tuba, Andre, mengatakan, program Oplah dari Kementan menyasar lahan basah dan lahan kering.

"Khusus Kabupaten Tulangbawang kita dapat untuk lahan basah, total 800 hektar," ungkap Andre, Jumat (12/11/2021) siang.

Baca juga: Polres Tulangbawang Lampung Amakan Empat Pemain Judi Lintas Kabupaten di Rumah Makan

Total luasan 800 hektar itu tersebar di Kecamatan Rawapitu 640 hektar, 100 hrktar di Kampung Kekatung Kecamatan Dente Teladas, dan 60 hektar di Kampung Penawar Baru Kecamatan Gedung Aji.

Komandan Kodim (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto, ketika meninjau program Oplah di Kecamatan Rawapitu menyebut jika program tersebut nantinya bisa membantu menopang ketahanan pangan. 

Dalam tinjauannya bersama Kepala Dinas Pertanian Tuba , Nurmansyah itu, Joko mengatakan, pihaknya ingin memastikan program dapat berjalan sesuai dengan yang diharapakan. 

"Kami ingin memastikan  semuanya berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan," ungkap Joko.

Ia berharap, program itu nantinya dapat bermanfaaat bagi masyarakt sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan. 

Baca juga: Rudapaksa Mantan Pacar, Pelajar Tulangbawang Lampung Diamankan Polisi

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved