Breaking News:

Lampung Selatan

Lapas Kelas II A Kalianda Lampung Miliki Ruang Rehabilitasi Bagi Penyalahguna Narkoba

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kalianda miliki ruang rehabilitasi bagi narapidana penyalahguna Narkoba.

Tribunlampung.co.id/Domi
Kepala Lapas Kelas II A Kalianda, Tetra Destorie. Lapas Kelas II A Kalianda Lampung Miliki Ruang Rehabilitasi Bagi Penyalahguna Narkoba 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Sebanyak 46 persen warga binaan pemasyarakatannya adalah narapidanan kasus Narkoba, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kalianda miliki ruang rehabilitasi bagi narapidana penyalahguna Narkoba.

Peresmian ruang rehabilitasi tersebut dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Lampung Iwan Santoso, ditandai dengan penandatangan prasasti, pada Jumat 12 November 2021.

Kepala Lapas Kelas II A Kalianda, Tetra Destorie mengatakan Lapas kelas II A Kalianda kini memiliki ruang konseling layanan untuk warga binaannya menjalankan rehabilitasi ketergantungan obat-obatan terlarang atau peyalahgunaan narkoba.

Lapas Kelas II A Kalianda memiliki kapasitas sebanyak 300 orang.

"Dimana saat ini Lapas Kelas II A Kalianda berisikan 765 orang. Dengan rincian narapidana 630 orang dan tahanan 125 orang," kata Tetra, Sabtu (13/11/2021).

Tetra menuturkan dari jumlah 765 orang tersebut, sebanyak 350 orang atau sekitar 46 persen narapidana di sini merupakan kasus narkoba.

"Dengan rincian 226 orang kategori pengedar dan 124 orang kategrori pemakai," tuturnya.

Tetra mengatakan pihaknya bekerjasama dengan BNN Provinsi Lampung dan BNN Kabupaten Lampung Selatan untuk menyediakan ruangan khusus layanan rehabilitasi untuk warga binaan yang termasuk kategori pemakai narkoba.

"Kegiatan konseling layanan rehabilitasi ini bertujuan untuk mengupayakan warga binaan tetap bersih dari narkoba selama menjalani masa hukuman," terangnya.

"Jadi kita mempersiapakan mereka (warga binaan) untuk siap kembali ke masyarakat. Untuk membentuk perilaku yang lebih baik dan mendukung keberhasilan upaya pembinaan. Serta peningkatan situasi keamanan yang lebih kondusif di dalam Lapas," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved