Breaking News:

PLN Lampung

Tingkatkan Perekonomian, PLN Bantu Pengembangan Produksi Kopi Mang Encak

Tingkatkan Perekonomian, Kopi Mang Encak Hadir di PLN TJSL Festival 2021, PLN telah membantu perkembangan Kopi Mang Encak mulai dari sertifikasi hingg

ist
Tingkatkan Perekonomian, Kopi Mang Encak Hadir di PLN TJSL Festival 2021 PLN telah membantu perkembangan Kopi Mang Encak mulai dari sertifikasi hingga peralatan pengelolaan Kopi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, - Tingkatkan Perekonomian, Kopi Mang Encak Hadir di PLN TJSL Festival 2021

PLN telah membantu perkembangan Kopi Mang Encak mulai dari sertifikasi hingga peralatan pengelolaan Kopi.

Hingga tahun 2021 Kopi Mang Encak telah memproduksi 5 jenis produk kopi dari yang awalnya hanya memproduksi 1 jenis saja, dan kini telah merambah ke coffee shop untuk membantu pemasaran petani Kopi organik di Lampung Barat

PT PLN (Persero) UPDK Bandar Lampung turut memeriahkan kegiatan PLN TJSL Festival 2021 yang diselenggarakan secara virtual exhibition.

Dalam acara tersebut PLN UPDK Bandar Lampung turut menghadirkan UMKM Kopi Mang Encak.

Kopi Mang Encak merupakan 100% kopi organik yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia.

Mang Encak berdiri pada 2010 dengan karyawan 3 orang dan petanian organik 7 orang. Mulanya penjualan kopi tersebut dipasarkan ke karyawan PLTA Besai dan UPDK Bandar Lampung sejak 2017. Pada 2018, PLN memberikan bantuan sertifikasi pertama. Mengingat branding organik akan lebih diyakini pembeli jika ada sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi.

Tahun 2018, omset penjualan perbulan mencapai 200 -250 kemasan. Tahun 2021 penjualan mengalami peningkatan hingga mencapai 800-1.000 kemasan perbulan. Karyawan juga sudah bertambah menjadi 10 orang, bahkan di 2021 ini PLN juga telah memberikan bantuan diversifikasi bisnis dengan merambah penjualan gula aren.

Bisnis kopi akan sangat berkembang jika petani kopi mampu menjual langsung produknya ke penikmat kopi. Di tahun 2021 ini juga PLN memberikan bantuan bantuan pembuatan outlet coffee shop yang pada saat launching juga dihadiri oleh Bupati Lampung Barat.

PLN TJSL Festival 2021 merupakan agenda tahunan dalam upaya PLN mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta medorong perputaran ekonomi dengan kegiatan usaha pelaku UMKM. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 10 sampai dengan 23 November 2021, dan dapat diakses melalui tjslpln.co.id. Event ini juga mempromosikan lebih dari 1.200 produk unggulan dari 250 usaha mikro dan kecil (UMK) mitra binaan PLN agar dapat meningkatkan kapabilitas dan profitabilitasnya dalam menghadapi pandemi Covid 19.

PLN UPDK Bandar Lampung berharap dengan adanya kegiatan TJSL Festival ini, pelaku UMKM di lingkungan kantor UPDK maupun ULPL dapat lebih dikenal masyarakat luas dan semoga kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pendapatan perekonomian para pelaku UMKM mitra binaan PLN.

Untuk melakukan pembelian produk, masyarakat bisa mendownload aplikasi PLN TJSL Marketplace yang tersedia di Playstore. Ayo dukung mitra binaan UMKM PLN dalam ajang PLN TJSL Festival 2021. Dapatkan produk menarik dari kami.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved