Breaking News:

Universitas Lampung

Unila Ikut Serta Penandatanganan PKS dengan Badan Informasi Geospasial RI

Wakil Rektor Bidang PKTIK Universitas Lampung (Unila) Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., ikut serta pada penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Ba

ist
Wakil Rektor Bidang PKTIK Universitas Lampung (Unila) Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., ikut serta pada penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) RI, di Eastparc Hotel Yogyakarta, Kamis, 18 November 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Wakil Rektor Bidang PKTIK Universitas Lampung (Unila) Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., ikut serta pada penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) RI, di Eastparc Hotel Yogyakarta, Kamis, 18 November 2021.

Kegiatan diikuti 24 pimpinan dan perwakilan perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia secara offline.

Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) merupakan suatu layanan dibentuk Badan Informasi Geospasial (BIG) yang letaknya berada pada masing-masing perguruan tinggi negeri tingkat provinsi.

Rincinya, 8 PPIIG di wilayah Sumatra, 3 PPIIG wilayah Kalimantan, 5 PPIIG wilayah Sulawesi, 5 PPIIG wilayah Jawa-Bali, dan 3 PPIIG wilayah Ambon-Papua.

Dalam prosesnya, banyak PPIIG dibentuk atas kerja sama BIG dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Harapannya, PPIIG menjadi media bagi perguruan tinggi untuk memiliki Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) sehingga mampu melakukan berbagai kegiatan yang mendukung terselenggaranya simpul jaringan baik nasional maupun daerah.

Pada kegiatan yang sama, Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono mengatakan, adanya kerja sama PPIIG Badan Informasi Geospasial dan perguruan tinggi dapat memudahkan pengembangan informasi geospasial. Untuk menjamin itu semua, perlu dilakukan koordinasi, monitoring, dan evaluasi terkait PPIIG.

Dengan kapasitas ini, PPIIG diharapkan menjadi pusat kajian atau center of excellence di bidang IIG yang akan menghasilkan pemikiran-pemikiran, kajian-kajia.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved