Breaking News:

Metro

Warga Tejosari Metro Kolaborasi dengan PMI Gelar Donor Darah

Ketua Pelaksana Bakti Sosial Donor Darah Kampung Kidul Agus Setiawan mengatakan, aksi donor darah dilakukan untuk menumbuhkan kebersamaan dan jiwa sos

Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak
Warga Kampung Kidul Tejosari kolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota untuk pasokan darah di wilayah setempat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Warga Kampung Kidul Tejosari kolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota untuk pasokan darah di wilayah setempat. 

Ketua Pelaksana Bakti Sosial Donor Darah Kampung Kidul Agus Setiawan mengatakan, aksi donor darah dilakukan untuk menumbuhkan kebersamaan dan jiwa sosial masyarakat, serta keperdulian kepada sesama.

"Tujuan itu. Supaya kita sesama warga ini bersatu. Karena di sini sering masyarakat terpecah karena perbedaan pandangan politik. Baik pileg, pilpres, sampai pilkada. Nah, kegiatan sosial ini kita harapkan bersatu kembali," ujarnya, Minggu (21/11/2021).

Ia mengaku, aksi donor darah akan direncanakan rutin tiga bulan sekali. Harapannya, antusias masyarakat semakin bertambah.

"Ini kedua kali kita aksi. Pertama itu 25 orang, kemarin yang kedua sekitar 15 orang. Karena hujan jumat malam itu," imbuhnya. 

Teknisi Laboratorium PMI Kota Metro Maharani menjelaskan, pihaknya siap mendatangi masyarakat yang hendak melakukan donor darah. Dengan syarat minimal 30 peserta yang akan donor.

"Syaratnya cuma mengisi formulir dan screening. Nanti petugas akan memberikan pernyataan kesehatan. Berat badan, tensi darah harus normal, hb juga harus normal. Kalau untuk waktu pendonoran darah sekiranya 5 sampai 15 menit," terangnya. 

Ia menambahkan, donor darah sangat bermanfaat. Salah satunya meregenerasi darah sehingga oksigen dapat masuk ke dalam tubuh lebih banyak dan lancar. 

"Dan pendonor ini sekaligus memeriksa kesehatan secara gratis. Karena setelah donor kita cek 4 indikator kesehatan penyakit menular melalui transfusi darah. Yaitu HIV, hepatitis, zika dan sipilis," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved