Breaking News:

Lampung Barat

Pekon di Lampung Barat Gelar Festival Budaya Lamban Pesagi

Kabupaten Lampung Barat menggelar Festival Budaya Lamban Pesagi di Lamban Gedung Cagar Budaya Situs Rumah Adat Pesagi Pekon Kenali, Belalau, Lampung

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: soni
Tribun Lampung / Nanda Yustizar Ramdani
Parosil Mabsus kala menyampaikan sambutannya pada Festival Budaya Lamban Pesagi di Pekon Kenali, Belalau, Lampung Barat, Rabu (24/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Kabupaten Lampung Barat menggelar Festival Budaya Lamban Pesagi di Lamban Gedung Cagar Budaya Situs Rumah Adat Pesagi Pekon Kenali, Belalau, Lampung Barat pada Rabu (24/11/2021).

Pagelaran Festival Budaya Lamban Pesagi ini juga dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus beserta rombongan.

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut arak-arakan adat Lampung Saibatin Aban Gemisikh oleh masyarakat setempat menuju singgasana tempat acara.

Setelah sampai di tempat acara, Bupati dan para rombongan kembali disambut dengan Tari Sembah Batin.

Festival budaya tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bekerjasama dangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat bekerjasama dengan masyarakat Pekon Kenali.

"Menjaga dan melestarikan budaya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi pondasi paling utama ialah dari masyarakat itu sendiri," kata Parosil dalam sambutannya.

Baca juga: HUT Ke-30 Lampung Barat, Parosil Mabsus: 30 Tahun Usia yang Matang bagi Satu Daerah

"Sebesar apapun anggaran dari pemerintah untuk melestarikan budaya, hasilnya tetap tidak akan maksimal jika tidak didukung dari partisipasi masyarakat," sambungnya.

Atas pagelaran Festival Budaya Lamban Pesagi itu, ia sangat mengapresiasi masyarakat Lampung Barat khususnya masyarakat Pekon Kenali.

"Karena telah bahu-membahu, bergotong-royong, dan bekerjasama melestarikan budaya dengan melaksanakan festival budaya ini," ujarnya.

Selaku kepala daerah, Parosil bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat Lampung Barat atas partisipasi dan dukungannya yang telah menjaga serta melestarikan seni budaya Lampung Barat, misalnya orkes gambus dan nyambai yang menurut Parosil saat ini hampir terpinggirkan dan terlupakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved