Breaking News:

Advertorial

Memajukan KSM/UMKM, BDC Bandar Lampung Gandeng Association of Hospitality Leaders Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Tahun 2016 melalui program unggulannya yaitu  Program Kota Tanpa kumuh (KOTAKU) mengembangkan pro

Editor: soni
dokumentasi
"Pertemuan dan  Diskusi Komite BDC Kota Bandar Lampung dengan AHLI di Hotel Bukit Randu" 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Dalam upaya memfasilitasi pengembangan dan jaringan usaha KSM/UMKM ,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Tahun 2016 melalui program unggulannya yaitu  Program Kota Tanpa kumuh (KOTAKU) mengembangkan program lanjutan dengan nama Pilot Business Development  Centre (BDC) pada 15 Kota/Kabupaten terpilih dari seluruh Indonesia.

BDC merupakan simpul jaringan usaha dan sarana pengembangan KSM/UMKM yang mencakup fasilitasi pengembangan pemasaran, produksi, sumber daya manusia (SDM), akses pembiayaan serta pengembangan ekonomi lokal.

Salah kota terpilih yang mendapatkan program BDC  adalah Kota Bandar Lampung.

BDC Kota Bandar Lampung sebagai pusat pengembangan bisnis di tingkat kota  secara menerus  melakukan upaya menjalin  kemitraan  sinergis antara usaha produktif yang dikembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ataupun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan kebijakan dan produk unggulan yang dikembangkan Pemda serta upaya pencegahan dan peningkatan kualitas kawasan kumuh di perkotaan.

KSM/UMKM Binaan BDC Kota Bandar Lampung memiliki potensi yang besar untuk membantu meningkatkan perekonomian di Kota Bandar Lampung.

Dalam upaya mendorong sektor UMKM agar dapat berkontribusi terhadap perputaran ekonomi di Kota Bandar Lampung maka BDC Kota Bandar Lampung telah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Di antaranya dalam hal pemasaran dan pengembangan usaha BDC Kota Bandar Lampung telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan pihak swasta diantaranya Usaha Perhotelan, Hotel Emersia, Chandra, Hotel Bukit Randu, Hotel Novotel dan usaha jasa transportasi Damri.

Adapun upaya yang sedang ditindak lanjuti dalam jangka waktu dekat adalah  melakukan kolaborasi bersama AHLI (Association of Hospitality Leaders Indonesia) DPD Lampung.

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada 13 September 2021 di Hotel Bukit Randu, BDC Kota Bandar Lampung dan AHLI berdiskusi dan bersepakat untuk memajukan KSM/UMKM Kota Bandar Lampung.

Komite BDC berharap dengan adanya kolaborasi dengan AHLI dapat  membantu mengangkat dan pemberdayaan potensi masyarakat kecil dan menengah melalui UMKM dan ekonomi kreatif dikarenakan program BDC yang sudah berjalan dari tahun 2016 ini, masih terdapat hambatan baik dari produksi, kualitas dan pemasarannya, dengan adanya kolaborasi bersama AHLI kedepan akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan program BDC Kota Bandar Lampung didalam mengoptimalkan potensi masyarakat melalui produk-produk KSM/UMKM dan Ekonomi kreatif.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved