Breaking News:

Lampung Selatan

BMKG Lampung Prediksi Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Landa Samudera Hindia

Kita ada Siklon Paddy 4 hari yang lalu. Tapi sekarang udah selesai. Low presure atau tekanan udaranya yang sudah sangat jauh

Net
Ilustrasi - BMKG Raden Inten II Lampung memperkirakan dalam tiga hari ke depan cuaca ekstrem masih melanda bagian selatan Samudera Hindia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Badan Meteorologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Raden Inten II Lampung memperkirakan dalam tiga hari ke depan cuaca ekstrem masih melanda bagian selatan Samudera Hindia.

"Namanya cuaca itu selalu berfluktuasi ya. Kadang naik, kadang turun. Selalu seperti itu," kata Kepala BMKG Raden Inten II Lampung Kukuh Rudibiyanto, Senin (29/11/2021).

"Saat menjelang puncak musim, baik musim penghujan ataupun musim kemarau, berpotensi angin kencang yang berpengaruh terhadap gelombang tinggi. Karena lebih mengarah ke beda tekanan wilayah selatan dan utara ekuator," jelasnya.

Kukuh mengatakan, gelombang tinggi terjadi karena tiupan angin.

Baca juga: BMKG Lampung: Waspadai Cuaca Buruk akibat Pancaroba

"Saat angin bertiup kencang dalam waktu yang lama, menyebabkan kondisi gelombang yang tinggi," ujarnya.

"Kita ada Siklon Paddy 4 hari yang lalu. Tapi sekarang udah selesai. Low presure atau tekanan udaranya yang sudah sangat jauh," katanya.

Kukuh mengatakan potensi gelombang tinggi masih ada.

"Kami memprediksi gelombang tinggi di wilayah selatan Samudera Hindia masih akan terjadi. Dan intensitasnya cukup tinggi," imbuh Kukuh.

"Jadi kami meminta kepada nelayan maupun masyarakat yang tinggal di daerah pesisir selalu waspada terhadap gelombang tinggi yang disertai angin kencang tersebut," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved