Breaking News:

ADVERTORIAL

UMPTB Kunjungi Petani Kakao di Pesawaran

Kegiatan ini UMPTB dihadiri oleh tim dosen UMPTB dan turut hadir mendampingi Rektor UMPTB Triono dan Ketua LP2M UMPTB Rudi Irawan.

Dok UMPTB
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Sabtu, 27 November 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada hari Sabtu, 27 November 2021 bertempat di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Dalam kegiatan PkM ini bertemakan “Pemberdayaan Petani Kakao untuk Mempertahankan Tanaman Kakao (Theobroma Cacao) sebagai Komoditas Unggulan Lokal Kabupaten Pesawaran”.

Kegiatan ini UMPTB dihadiri oleh tim dosen UMPTB dan turut hadir mendampingi Rektor UMPTB Triono dan Ketua LP2M UMPTB Rudi Irawan.

Sedangkan dari Desa Ceringin Asri diikuti dan dihadiri oleh Kepala Desa Ceringin Asri Pradipto, Direktur Bumdes Tunas Jaya Asri Pradianto, Ketua Koperasi Bina Sejahtera Kabupaten Pesawaran Dedy Satria, Sekretaris Koperasi Bina Sejahtera Pesawaran Aan Saputra, Pembina Petani Kakao Kabupaten Pesawaran Thamrin Insan dan para Ketua Kelompok Tani di Desa Ceringin Asri.

Baca juga: UMPTB Jalin Kerja Sama dengan Komnas Perlindungan Anak Provinsi Lampung dan KPU Tulang Bawang

Dalam sambutan pengantarnya, Ketua LP2M UMPTB Rudi Irawan menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara rutin dan tematik oleh dosen-dosen UMPTB dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan kepedulian perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi daerah perdesaan melalui salah satunya di sektor pertanian kakao yang menjadi salah satu komoditas unggulan lokal di Kabupaten Pesawaran,” paparnya.

Pradipto selaku Kepala Desa Ceringin Asri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada rombongan tim dosen dari UMPTB atas kunjungan pengabdian kepada masyarakat ini, khususnya untuk kelompok tani yang ada di Desa Ceringin Asri.

Menurutnya, kegiatan seperti sangat bermanfaat untuk saling tukar informasi dan diskusi bersama dalam upaya pemberdayaan masyarakat dengan tujuan menyejahterakan kehidupan petani dan peningkatan pembangunan dan ekonomi daerah.

Pradipto selaku Kepala Desa Ceringin Asri juga menyampaikan bahwa saat ini dirinya dan kelompok tani sangat konsen dengan pengembangan kakao di Desa Ceringin Asri serta melakukan peningkatan kualitas dan kuantitasnya.

Baca juga: Polisi Amankan Motor Pelaku Curanmor di Pesawaran

Ditambahkan oleh Pradipto, saat ini sedang mempersiapkan lahan lebih dari 100 ha untuk upaya menghasilkan kakao yang berkualitas organik bersertifikat, dan melakukan replanting (menanam kembali) pada tanaman kakao mengingat sebagian besar tanaman kakao di Desa Ceringin Asri sudah berumur lebih dari 20 tahun.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved