Breaking News:

Mesuji

Hadiri Deklarasi 20 Desa ODF, Bupati Mesuji Saply Minta Warga Wujudkan Perilaku Bersih dan Sehat

Bupati Mesuji Saply Th dan Wakil Bupati Mesuji Haryati Chandralela beserta jajarannya menghadiri kegiatan Pencanangan Deklarasi 20 Desa ODF Kabupaten

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: soni
dokumentasi
Bupati Mesuji Hadiri Deklarasi ODF di GSG taman Kehati. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Bupati Mesuji Saply Th dan Wakil Bupati Mesuji Haryati Chandralela beserta jajarannya menghadiri kegiatan Pencanangan Deklarasi 20 Desa ODF Kabupaten Mesuji Tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Kabupaten Mesuji, Selasa (30/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Mesuji Saply Th menyampaikan, pencanangan deklarasi 20 desa sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS).

Terdapat di Kecamatan Tanjung Raya, Mesuji Timur dan Rawajitu Utara.

"Artinya sampai dengan saat ini sudah 87 desa di Kabupaten Mesuji yang telah berstatus ODF. Sehingga masih ada 18 desa kita yang belum ODF karena masih ada kendala teknis di lapangan," ujarnya.

Terlepas dari itu semua, ungkap Saply, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji dia mengucapkan selamat dan menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Sakaligus sebagai upaya mendukung Program ODF Nasional.

"Salah satu tujuannya, untuk membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih dalam upaya pencegahan penyakit," ucapnya.

Selanjutnya, kata Saply, bahwa masyarakat sendiri merupakan fondasi paling utama dari pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Baca juga: Peringati HKN ke-57, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Deklarasi ODF

Untuk memperkuat upaya budaya hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Karenanya upaya pendekatan promotif dan preventif secara berkesinambungan lebih efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan dewasa ini.

Lebih lanjut, Saply menuturkan melalui momentum ini pihaknya ingin mengajak kepada desa dan kecamatan yang belum ODF untuk segera terpacu mewujudkannya.

Sebab, terus Saply, bukan semata-mata untuk sekedar meraih predikat sebagai desa ODF, namun komitmen dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

"Saya berharap kegiatan deklarasi desa ODF ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan dan diterapkan di desa-desa lainnya untuk mewujudkan Kabupaten Mesuji menjadi Kabupaten ODF secara 100% di seluruh Desa," paparnya.

( Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved