Breaking News:

Tanggamus

Tanggamus Waspada, Bencana Hidro-Meteorologis Terus Meningkat

Apel kesiapansiagaan bencana dipimpin Bupati Tanggamus Dewi Handajani sebagai persiapan antisipasi dan penanganan bencana.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Bupati Tanggamus Dewi Handajani meninjau kesiapsiagaan bencana seluruh instansi terkait dalam apel kesiapsiagaan bencana, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Instansi gabungan Pemkab Tanggamus, Basarnas, TNI, Polri, PMI, dan organisasi masyarakat mengikuti apel gabungan siaga bencana.

Apel kesiapansiagaan bencana dipimpin Bupati Tanggamus Dewi Handajani sebagai persiapan antisipasi dan penanganan bencana dan bentuk sinergi penanggulangan bencana.

"Apel kesiapsiagaan bencana ini upaya wujudkan sinergi semua stakeholder kebencanaan, para pemangku kepentingan dan masyarakat. Sinergi yang dikembangkan model pentahelix libatkan berbagai pihak," ujar Dewi, Selasa (30/11/2021).

Ia menyampaikan konsep utama metode pentahelix adalah pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Satnarkoba Polres Tanggamus Lampung Ringkus 7 Pengedar dan Pemakai Sabu

Itu disesuaikan dengan konteks atau kearifan lokal.

Masyarakat berfungsi sebagai ujung tombak pelaksanaan semua strategi yang telah dirancang oleh pemerintah berdasarkan diskusi semua pihak.

Berdasarkan data BPBD Tanggamus dari tahun 2002-2020, ancaman bencana hidro-meteorologis terus meningkat dan mendominasi. 90 persen bencana merupakan hidro-meteorologis seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gelombang pasang dan banjir rob.

"Saat ini dengan banyaknya kejadian bencana hidro-meteorologis menjadi tantangan bagi Tanggamus. Tujuannya agar dapat dikelola dan dikurangi risikonya," ujar Dewi.

Ia menambahkan, puncak musim penghujan menurut prakiraan BMKG, akan terjadi pada Januari 2022.

Baca juga: Sebuah Menara Seluler di Tanggamus Lampung Roboh, Diduga Tersapu Angin Kencang

Pada bulan November dan Desember ini, kondisi curah hujan di wilayah Tanggamus sudah mulai meningkat hingga di atas normal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved