Breaking News:

Lampung Selatan

Hasil Tani Lebah Hutan An-Nahl Dapat Bantu Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi

Hasil tani lebah hutan AN-Nahl dapat membantu meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi.

Tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus
Hasil tani lebah hutan An-Nahl dapat bantu tingkatkan imun tubuh di tengah pandemi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Hasil tani lebah hutan AN-Nahl dapat membantu meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi.

Kelompok tani lebah hutan (KTH) An-Nahl berlokasi di Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua kelompok tani lebah hutan (KTH) An-Nahl Mulyono atau akrab dipanggil Mbah Mul mengatakan macam-macam produk yang dihasilkan dari kelompok tani lebah hutan (KTH) An-Nahl yakni propolis, royal jelly, polen kering dan basah, wax (lilin lebah), madu, bruth atau anakan, serum sengat atau beetoxsin bibit lebah.

"Kasiat atau manfaat produk lebah propolis dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Royal Jelly, berkhasiat membantu vitalitas dan daya tahan tubuh. Juga membantu menyuburkan hormon dan menyehatkan kandungan bagi wanita," kata Mul, Sabtu (4/12/2021).

"Pollen, sangat baik diminum ibu hamil dan anak yang dalam masa perkembangan akan tumbuh sehat atau bugar dan kecerdasan otak yang tinggi. Bagi orang dewasa atau tua bisa mengencangkan kulit. Menahan fixmen rambut. Membuat tidak cepat memutih atau ubanan dan menanggulangi dari kepikunan. Jika digunakan untuk masker bisa mencegah munculnya jerawat dan dapat memutihkan bercak kulit wajah akibat salah bedak make up," jelasnya.

Mbah Mul mengatakan wax atau lilin lebah mengandung propolis dan bisa dijadikan lilin bakar yang asapnya untuk mengobati penyakit paru-paru atau asma.

"Kegunaan lain untuk malam batik, lilin cina, penguat benang, pembalut kemadan obat, dicetak sebagai sarang lebah buatan dan masih banyak lagi," katanya

"Madu honey mengandung propolis (anti bakteri) maka bisa digunakan untuk mengobati luka baru atau lama. Cocok diminum bagi penderita diabetes. Keramas, sakit mata, luka bakar, kesiram air panas," ujarnya.

"Larva atau anakan lebah, mengandung protein cukup tinggi, baik bagi tubuh manusia. Bagi masyarakat umum, larva dibuat suap atau botok atau pepes dan peyek anak lebah. Susu anak lebah juga baik untuk makanan ikan sepeti ikan hias, gurame, lele, patin, bandeng, udang anakan burung ocehan dan sebagainya," jelasnya.

Mbah Mul mengatakan serum sengan atau bee fenon banyak digunakan untuk pengobatan alternatif seperti sakit gigi, asam urat atau reumatik, migran, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan dengan sengatan lebah madu ini.

Baca juga: BPN Lampung Selatan Bagikan 1.895 Sertifikat Redistribusi Tanah Untuk 4 Kecamatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved