Breaking News:

Lampung Tengah

Mentan Harap Program Sapi Belgian Blue di Lampung Tengah Harus Meningkat Tiga Kali Lipat

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo menghadiri kegiatan program Sikomandan, Panen Pedet Nusantara 2021 di Kampung karang Endah

Penulis: syamsiralam | Editor: soni
Tribun Lampung/Syamsir alam
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo hadir di Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah.   

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGTENGAH - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo menghadiri kegiatan program Sikomandan, Panen Pedet Nusantara 2021 di Kampung karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Rabu (8/12/2021).


Dalam sambutan yang ia sampaikan, pihaknya bangga dengan program 100 ribu pedet (anak sapi), dan Syahrul berharap, angka itu harus dapat ditingkatkan tiga kali lipat di tahun berikutnya.


"Saya sangat bangga dengan program Sikomandan Pedet Nusantara di Lampung Tengah ini. Jika tahun ini 100 ribu kelahiran, tahun berikutnya harus 300 ribu," kata Syahrul Yasin Limpo.


Tak hanya itu, Syahrul juga mengatakan hasil peternakan Lampung merupakan terbesar keempat di Indonesia setelah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.


Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, dengan program sapi Belgian Blue, kualitas dan kuantitas ternak dapat ditingkatkan dengan rata-rata berat pedet (anak sapi) dari 80 kilogram menjadi 100 kilogram.


Mentan menegaskan, dengan tersedianya pasokan daging lokal maka impor daging harus dihentikan, dan bidang peternakan dari hulu hingga hilir harus dapat diwujudkan.

Baca juga: Bupati Musa Ahmad: Pemkab Lamteng Siap Kembangkan Pembibitan Sapi Belgian Blue


Sementara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berharap, dengan program 100 ribu kelahiran pedet, ia yakin Lampung akan menggeser provinsi lainnya dalam hal penyediaan daging nasional.


"Saat ini Lampung di posisi empat nasional dan dua di Sumatera. Kedepan kami yakin akan menggeser provinsi lainnya. Ini persaingan positif maka akan kami wujudkan kedepannya," kata Arinal Djunaidi.


Gubernur juga yakin, program peternakan Lampung akan jadi lebih baik dengan program Sikomandan, seperti halnya program pertanian dan perkebunan.


Bupati Lamteng, Musa Ahmad berharap, dengan adanya program sapi Belgian Blue, supaya pemerintah pusat juga dapat menyediakan rumah potong hewan (RPH).

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved